Penerapan model pembelajaran TSTS dan Round Robin untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kupang 1 Jabon / Fina Dwi Rosita Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran TSTS dan Round Robin untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kupang 1 Jabon / Fina Dwi Rosita Dewi

Dewi, Fina Dwi Rosita (2016) Penerapan model pembelajaran TSTS dan Round Robin untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kupang 1 Jabon / Fina Dwi Rosita Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Fina Dwi Rosita. 2016. Penerapan Model Pembelajaran TSTS dan Round Robin Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Kupang 1 Jabon. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. 2) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. Kata Kunci Two Stray Two Stay (TSTS) Round Robin Keterampilan Berkomunikasi Hasil Belajar IPS Pembelajaran Kooperatif PTK. Berdasarkan hasil observasi pendahuluan di kelas IV SDN Kupang 1 Jabon Kabupaten Sidoarjo terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS yaitu (1) rendahnya keterampilan berkomunikasi siswa (2) pembelajaran masih bersifat konvensional dan teacher centered (3) rendahnya hasil belajar kognitif IPS. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran TSTS dan Round Robin. Model pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan pengetahuan keterampilan berkomunikasi seperti keterampilan mengemukakan pendapat menerima saran dari orang lain bekerja sama. Siswa bukan lagi sebagai objek pembelajaran namun bisa berperan sebagai subjek atau tutor bagi teman sebayanya sehingga dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar IPS yang lebih maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan peningkatan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kupang 1 Jabon melalui penerapan model pembelajaran TSTS dan Round Robin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 26 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi wawancara dan tes. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TSTS dan Round Robin dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa dan hasil belajar IPS. Pada siklus I keterampilan berkomunikasi siswa dengan penerapan model pembelajaran TSTS dan Round Robin diperoleh 74 03% dan telah meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 81 34% . Selanjutnya persentase pencapaian kognitif siswa dalam penerapan model pembelajaran TSTS dan Round Robin adalah 57 69% dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 88 46%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran TSTS dan Round Robin dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan temuan penelitian pembahasan dan kesimpulan disarankan agar (1) Bagi siswa hasil penelitian dengan penerapan model TSTS dan Round Robin dapat menumbuhkan kekompakkan kerjasama dalam berkelompok serta mampu menumbuhkan rasa empati dan simpati terhadap sesama teman (2) Dalam menerapkan model TSTS dan Round Robin untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar hendaknya guru terlebih dahulu mengelompokkan siswa dengan cara grouping.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62936

Actions (login required)

View Item View Item