Supiani (2016) Pengembangan suplemen bahan ajar IPS berbasis kearifan lokal suku Dayak Kenyah dalam pengelolaan lingkungan hidup / Supiani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Supiani. 2016.PengembanganSuplemenBahan Ajar IPS BerbasisKearifanLokalSukuDayakKenyahdalamPengelolaanLingkunganHidup.Tesis JurusanPendidikanDasar (IPS) PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I NyomanSudanaDegeng M.Pd (2) Prof. Dr. F. DanardanaMurwani M.M. Kata Kunci Pengembangan Suplemenbahan ajar Kearifan lokal Bahan ajar perludikembangkansebagaiupayameningkatkankualitaspembelajaran. Dalampembelajaran IPS terdapatkendalaberupakurangtersedianyabahan ajar yang khususmengkajitentangpengelolaanlingkunganhidup terutama yang membahastentangnilai-nilaikearifanlokal. Pada umumnya bahan ajar yang dipakaitidakkontekstualdanmasihberisiataumemuatmateriumumsertamasihbersifatsederhana. Akibatnya pengetahuan siswa yang bersumber dari lingkungan sekitar kurang mencukupi sehingga perlu pengembangan bahan ajar yang berbasiskearifan lokal. Pemahaman tentangnilai-nilaikearifanlokalsukuDayakKenyahdalampengelolaanlingkungan yang dikembangkandandijadikanbahanpembelajaranIPS akandapatmenanamkanpengetahuandannilai-nilaipeduliterhadaplingkunganhidup. Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmengembangkansuplemenbahan ajar IPS tentangkearifanlokalsukuDayakKenyahdalampengelolaanlingkunganhidup. Suplemenbahan ajar dikembangkandenganmenerapkan model Thiagarajanatau 4-D. Tahapanpengembanganterdiridari 4 tahap namundalampenelitianinipenulishanyamenggunakan 3 tahap yaitutahapDefine Design danDevelop. Produkawalmelewatitahapvalidasiolehahlimateri bahasa dandesainpembelajaran. Selanjutnya dilakukantahapujicobalapangankepada 30 siswa SMP Negeri 32 Samarinda. Penelitiandanpengembanganinimenghasilkansuplemenbahan ajar IPS berbasiskearifanlokalsukuDayakKenyah. Produk yang telahdikembangkandivalidasiolehahlimateri ahlibahasa danahlidesainpembelajaranmasing-masingsebesar 94 44% 75% dan 76 56%. Hasilvalidasisecarakeseluruhanmendapatpersentasesebesar 82% dengankriteriasangatlayakuntukdigunakan. Produksuplemenbahan ajar yang telahdivalidasiselanjutnyadilakukanujicobalapangan. Hasilujicobalapanganpadasiswamenunjukkanbahwaproduksuplemenbahan ajar layakuntukdigunakandenganpersentase 81 13 % termasukdalamkriteriasangatlayak. Suplemen bahan ajar yang telah dihasilkan diharapkan dapat digunakan dalam pembelajaran. Saran pengembanganbagipeneliti yang lain sebaiknya (1) perlupengembangan multimedia berupaanimasiatau film (2) dilakukaneksperimenatau PTK terhadapproduk yang dihasilkanuntukmendapatkanhasil yang lebihberkualitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62932 |
Actions (login required)
View Item |