Solehan, Samar (2016) Pengembangan media papan geomultiplikasi untuk pembelajaran perkalian di sekolah dasar / Samar Solehan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Solehan Samar. 2016. Pengembangan Media Papan Geomultiplikasi untuk Pembelajaran Perkalian di Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (II) Dr. Syamsul Hadi M.Pd. M.Ed. Kata kunci pengembangan media pembelajaran papan geomultiplikasi perkalian. Pembelajaran matematika di SD dilaksanakan secara bertahap mulai dari tahap enaktif ikonik dan simbolik. Tahap pembelajaran tersebut sesuai dengan karakteristik perkembangan siswa usia sekolah dasar yang berada pada tahap operasional konkret. Pembelajaran matematika membutuhkan media untuk membantu siswa membangun pengetahuan. Pembelajaran perkalian bersusun di SD Negeri 2 Purbalingga Lor Jawa Tengah belum menggunakan media yang sesuai dengan karakteristik siswa. Secara umum siswa sudah siap belajar perkalian bersusun namun perlu didukung dengan penggunaan media yang tepat sehingga siswa dapat menguasai perkalian bersusun dengan baik. Hasil analisis menunjukkan media pembelajaran untuk perkalian bersusun yang sesuai dengan karakteristik siswa belum tersedia di lapangan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilaksanakan penelitian dan pengembangan media untuk perkalian bersusun. Penelitian dan pengembangan dilakukan untuk menghasilkan media yang sesuai dengan karakteristik siswa SD. Media hasil pengembangan yang dihasilkan mempunyai kriteria layak menarik dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Melalui penggunaan media dalam pembelajaran siswa mampu menguasai perkalian sampai perkalian bersusun antara dua bilangan dua angka. Penelitian dan pengembangan ini merujuk pada model 4D (Thiagarajan dan Semmel 1974) yang telah dimodifikasi oleh Hobri (2010). Langkah-langkah pengembangan meliputi pendefinisian (define) perancangan (design) dan Pengembangan (develop). Satu langkah lainnya yaitu penyebaran (disseminate) tidak dilaksanakan karena desain penelitian dan pengembangan hanya sampai tahap pengembangan (develop). Data yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah hasil validasi ahli dan uji coba pengguna. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil pengembangan media berupa media papan geomultiplikasi. Media papan geomultiplikasi merupakan media manipulatif. Media papan geomultiplikasi masuk dalam kategori sangat layak sangat praktis sangat menarik dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal ini sesuai dengan hasil validasi ahli materi sebesar 84 00% dan hasil validasi ahli media sebesar 79 20%. Hasil penilaian guru menunjukkan hasil 96 00% yang berarti media sangat praktis digunakan. Ujicoba pada siswa menunjukkan bahwa hasil ujicoba kelompok kecil sebesar 85 16% dan hasil ujicoba lapangan sebesar 88 44%. Tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran sebesar 90 00%. Media papan geomultiplikasi juga efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal ini sesuai dengan ketuntasan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media papan geomultiplikasi sebesar 79 17%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62931 |
Actions (login required)
View Item |