Penerapan model course review horay untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn kelas IV SDN Ngajum 01 Malang / Tia Diana Perwitasari

Perwitasari, Tia Diana (2016) Penerapan model course review horay untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn kelas IV SDN Ngajum 01 Malang / Tia Diana Perwitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Diana Perwitasari, Tia. 2016. Penerapan Model Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Kelas IV SDN Ngajum 01 Malang tahun ajaran 2015/2016. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Nur Hanifah, M.Pd (2) Drs. Heru Agus Tri Widjaja, M.Pd. Kata Kunci: model Course Review Horay, pembelajaran PKn, SD. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) berupaya untuk mencetak peserta didik supaya menjadi warga negara yang baik. Keberhasilan dari tujuan PKn tersebut tidak lepas dari peran serta pendidik dalam menguasai ketrampilan dalam menerapkan model pembelajaran. Beerdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Ngajum 01 Malang, diketahui bahwa pada waktu pelaksanaan pembelajaran, guru hanya melakukan metode ceramah dan tanya jawab yang mengakibatkan aktivitas serta hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikanpenerapan model pembelajaran Course Review Horay pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Ngajum 01 Malang tahun ajaran 2015/2016; (2)mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Ngajum 01 Malang saat diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay; dan (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ngajum 01 Malang saat diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenisnya deskriptif dengan rancangan penelitian tindak kelas yang menggunakan model Kemmis and MC. Taggart. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan model Course Review Horay pada pembelajaran PKn yang dilakukan guru dan siswa sangat baik. Hal ini diketahui dari rata-rata pada siklus I dari 86% menjadi 94%; (2) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model Course Review Horay dimana rata-rata pada siklus I dari 68,92 menjadi 81,75; (3) sementara hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata 69,22 pada siklus I menjadi 82,03 pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Course Review Horay dapat meningkatkan pembelajaran PKn, aktivitas belajar, serta hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru kelas IV selama menerapkan model Course Review Horay agar dapat mengkondisikan siswa saat kegiatan kelompok, mengorganisasikan waktu dengan baik, memotivasi siswa agar berani menampilkan yel-yel, pemberian reward. Sementara itu, dalam mengamati aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran guru diharapkan untuk lebih jeli meihat mana siswa yang aktif dalam konteks melaksanakan kegiatan dengan baik dan bukan sekedar aktif untuk membuat kelas gaduh, serta guru harus dapat memotivasi dengan memberikan reward agar siswa dapat mencapai nilai diatas yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6293

Actions (login required)

View Item View Item