Pengembangan video pembelajaran berbasis budaya lokal Kalimantan Selatan pada mata pelajaran IPS untuk siswa SMP / Rochmad Endra Anthony - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video pembelajaran berbasis budaya lokal Kalimantan Selatan pada mata pelajaran IPS untuk siswa SMP / Rochmad Endra Anthony

Anthony, Rochmad Endra (2016) Pengembangan video pembelajaran berbasis budaya lokal Kalimantan Selatan pada mata pelajaran IPS untuk siswa SMP / Rochmad Endra Anthony. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anthony Rochmad Endra. 2016. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Kalimantan Selatan pada Mata Pelajaran IPS untuk Siswa SMP. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hariyono M. Pd. (II) Prof. Dr. Sumarmi M. Pd. Kata Kunci Pengembangan Video Pembelajaran BudayaLokal Kalimantan Selatan IPS Materi keragaman budaya lokal Kalimantan Selatan adalah salah satu materi pada mata pelajaran IPS SMP yang diajarkan pada kelas VII semester 2 di SMPN 12 Banjarbaru. Materi ini memiliki cakupan tentang berbagai macam adat tradisi yang ada di Kalimantan Selatan yang diantaranya adalah rumah adat tradisi dan seni. Materi ini diajarkan dengan tujuan mengenalkan dan menumbuhkan rasa bangga terhadap budaya yang ada di Kalimantan Selatan. Dalam proses pembelajaran guru sering mengalami kendala dalam memberikan gambaran tentang keragaman budaya lokal yang ada karena media yang digunakan hanya LKS. Permasalahan tersebut harus segera dicari alternatif pemecahannya salah satunya adalah melalui pengembangan video pembelajaran. Pada penelitian pengembangan ini produk yang dikembangkan adalah video pembelajaran keragaman budaya lokal Kalimantan Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan video pembelajaran mata pelajaran IPS untuk siswa SMP pada materi keragaman budaya lokal Kalimantan Selatan 2) mengetahui kelayakan video pembelajaran mata pelajaran IPS untuk siswa SMP pada materi keragaman budaya lokal Kalimantan Selatan yang dihasilkan sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan (R D). Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan desain dan pengembangan. Validasi produk dilakukan melalui uji alpha (ahli media ahli materi dan guru) uji beta (3 siswa) dan uji produk (20 siswa). Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) video pembelajaranyang dikembangkan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan desain dan pengembangan. Video pembelajaran menyajikan materi keragaman budaya lokal Kalimantan Selatan (2) media video pembelajarantersebut termasuk dalam kategori sangant baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan validasi ahli media ahli materi tanggapan guru uji beta dan uji produk. Hal ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran keragaman budaya lokal Kalimantan Selatan layak dan sesuai untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi guru dan peserta didik di SMPN 12 Banjarbaru Kalimantan Selatan. Video pembelajaran tentang keragaman budaya memberi dampak yang positif pada kegiatan pembelajaran oleh karena itu guru hendaknya memanfaatkan media yang kreatif dan menarik berupa video pembelajaran dalam menyampaikan materi keragaman budaya lokal sehingga siswa lebih mudah memahami gambaran yang sebenarnya dari keragaman budaya lokal yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62929

Actions (login required)

View Item View Item