Pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPS dan retensi siswa kelas V SDN Kelayan Barat 3 Banjarmasin / Yudha Adrian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPS dan retensi siswa kelas V SDN Kelayan Barat 3 Banjarmasin / Yudha Adrian

Adrian, Yudha (2016) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPS dan retensi siswa kelas V SDN Kelayan Barat 3 Banjarmasin / Yudha Adrian. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adrian Yudha. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar IPS dan Retensi Siswa Kelas V SDN Kelayan Barat 3 Banjarmasin. Tesis. Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. Kata kunci Model pembelajaran kooperatif STAD hasil belajar retensi. Model pembelajaran kooperatif STAD merupakan model pembelajaran yang mengorganisasikan siswanya ke dalam kelompok-kelompok kecil guna menyelesaikan permasalahan pembelajaran. Siswa diberikan kuis untuk mengetahui pemahaman tentang materi dan hasil akumulasi skor siswa secara individu tersebut dijadikan skor kelompok. Kelompok yang mendapat skor tertinggi mendapatkan penghargaan. Model pembelajaran kooperatif STAD berpotensi untuk memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar dan retensi siswa. Hal ini sudah dibuktikan secara empiris melalui penelitian terdahulu dan relevan. Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar IPS (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap retensi siswa kelas V.Subjek penelitian ini yaitu 21siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan 21siswa kelas VB sebagai kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Instrumen pengumpulan data yaitu tes pilihan ganda terdiri atas 20 item. Analisis statistik pada penelitian ini menggunakan uji t independentberbantuan IBM SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dengan yang tidak menggunakan STAD.Nilai p yang diperoleh sebesar 0.007 lebih kecil daripada taraf signifikansi (0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Kemudian hasil uji beda t-test sampel bebasterhadap retensi siswa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada rata-rata hasil tes retensi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dengan yang tidak menggunakan STAD. Nilai p yang diperoleh sebesar 0.037 lebih kecil daripada taraf signifikansi (0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap retensi siswa kelas V. Oleh karena itu penerapkan model pembelajaran kooperatif STAD sebagai alternatif pembelajaran dan penguasaan langkah-langkahnya disarankan untuk guru. Selain itu perlu adanya pembiasaan bagi guru agar terlaksana sebagaimana mestinya. Untuk peneliti lanjutan uji pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap variabel motivasi dan interaksi bermanfaat untuk diteliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62926

Actions (login required)

View Item View Item