Bahtiar, Firman (2016) Pengaruh metode pembelajaran, lembar kerja siswa, motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (di SMPN 2 Tasikmalaya - Jawa Barat) / Firman Bahtiar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Bahtiar Firman. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Lembar Kerja Siswa Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi di SMPN 2 Tasikmalaya - Jawa Barat). Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Prof. Dr. F. Danardana Murwani M.M. Kata Kunci Metode Pembelajaran Lembar Kerja Siswa Motivasi Belajar Prestasi Belajar. Prestasi belajar pada proses pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor. Metode pembelajaran lembar kerja siswa dan motivasi belajar merupakan tiga dari sekian banyak faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode pembelajaran lembar kerja siswa dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS yang merupakan studi di SMP Negeri 2 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain korelasional populasi yang digunakan adalah seluruh siswa dari mulai kelas VII sampai dengan kelas IX SMP Negeri 2 Tasikmalaya yang berjumlah 1256 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 270 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability sampling yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu metode pembelajaran (X1) lembar kerja siswa (X2) motivasi belajar (X3) dan prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data angket dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan teknik regresi berganda. Uji prasyarat hipotesis normalitas linieritas multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis meliputi uji signifikansi uji simultan uji parsial pada regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y -1 543 13 906 X1 5 247X2 1 257 X3. Secara deskriptif penelitian menunjukkan bahwa kategori metode pembelajaran lembar kerja siswa dan motivasi belajar adalah kuat. Pengaruh metode pembelajaran lembar kerja siswa dan motivasi belajar sebesar 69 9% dengan arah positif dan signifikan dan sisanya sebesar 30 1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Secara Simultan metode pembelajaran lembar kerja siswa dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Secara parsial metode pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Secara parsial lembar kerja siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Secara parsial motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka peneliti menyarankan (1) harus ada upaya guru untuk meningkatkan kualitas metode pembelajaran lembar kerja siswa dan proses memotivasi siswa secara terus-menerus (2) guru dalam pembelajaran harus menggunakan metode pembelajaran secara baik dan beragam dalam satu semester dengan tetap memperhatikan kesesuaian dengan materi pembelajaran (3) lembar kerja siswa yang digunakan guru harus baik setelah dikaji kualitas materi dan isinya sebelum digunakan oleh siswa (4) guru harus terus berupaya untuk merangsang dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar IPS dengan metode yang atraktif dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62925 |
Actions (login required)
View Item |