Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis outdoor study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa SMPN 3 Mamuju Provinsi Sulawesi Barat) / Kurnianty - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis outdoor study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa SMPN 3 Mamuju Provinsi Sulawesi Barat) / Kurnianty

Kurnianty (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis outdoor study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa SMPN 3 Mamuju Provinsi Sulawesi Barat) / Kurnianty. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurnianty. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Outdoor Study Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS (Studi Pada Siswa SMPN 3 Mamuju Provinsi Sulawesi Barat). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar IPS. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. UTAMI WIDIATI M.A Ph.D (II) Prof. Dr. SUDARMIATIN M.Si Kata kunci Make A Match Aktivitas Hasil Belajar IPS. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match berbasis outdoor study pada mata pelajaran IPS dan meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa kelas VII.3 SMPN 3 Mamuju. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan 30 siswa kelas VII.3. Data dikumpulkan melalui tes observasi dan studi dokumentasi yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Penerapan model make a match berbasis outdoor study dilaksanakan dengan langkah-langkah a) guru menyampaikan materi b) siswa diajak ke lapangan/outdoor dan dibagi ke dalam dua bagian A dan B c) guru membagikan kartu pertanyaan ke A dan kartu jawaban ke B d) guru meminta siswa untuk mencocokkan kartunya e) guru meminta siswa untuk mencari pasangan kartunya f) siswa yang tidak menemukan pasangan kartunya diminta untuk berkumpul g) guru memanggil satu pasangan untuk presentasi h) guru memberikan konfirmasi tentang kebenaran jawaban pasangan yang presentasi i) guru memanggil pasangan berikutnya. Hasil penelitian diperoleh keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada siklus I sebesar 75% dan meningkat menjadi 90 93% pada siklus II. Keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa diperoleh hasil sebesar 71 39% pada siklus I dan meningkat menjadi 89 72% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa SMPN 3 Mamuju juga semakin meningkat dengan perolehan hasil sebesar 78 40% pada siklus I dan 90 76% pada siklus II. Dengan menerapkan model make a match berbasis outdoor study juga dapat meningkatkan hasil belajar pada siklus I sebesar 73 33% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Selain itu ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran make a match berbasis outdoor study akan lebih efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bila siswa diberi reward atas keberhasilannya menemukan pasangan dengan tepat dan diberi hukuman bila salah dalam menemukan pasangan. Pada sisi lain model pembelajaran make a match berbasis outdoor study membutuhkan waktu yang lama sehingga untuk mengefisienkan waktu dapat dilakukan dengan membagi siswa ke dalam dua bagian pada saat presentasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62922

Actions (login required)

View Item View Item