Priyono, Iwan (2016) Penelitian studi kasus implementasi pembelajaran tematik integratif dalam kurikulum 2013 di sekolah dasar rintisan Kabupaten Banjarnegara / Iwan Priyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Priyono Iwan. 2016. Penelitian Studi Kasus Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Rintisan Kabupaten Banjarnegara. Tesis Jurusan Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Ramli M.A. (2) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si M.Ed. Kata kunci Impementasi pembelajaran tematik integratif Kurikulum 2013 sekolah dasar rintisan. Ada 11 Sekolah Dasar (SD) sebagai sekolah rintisan yang menerapkan Kurikulum 2013 dengan pembelajaran tamatik integratif di Kabupaten Banjarnegara salah satunya yaitu SD Negeri 1 Adipasir. Berdasarkan hasil wawancara awal dengan kepala sekolah dan guru yang menyatakan bahawa implementasi Kurikulum 2013 berjalan dengan pembelajaran tematik integratif yang apa adanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam implementasi pembelajaran tematik integratif dalam Kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Adipasir yang meliputi perencanaan pelaksanaan penilaian hambatan dan impikasi terhadap peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Adipasir Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarngara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumen. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Setelah itu data diuji keabsahanya dengan uji kredibelitas dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat diketahui bahwa (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah mencerminkan pembelajaran tematik integratif dengan pendekan saitifik yang dibuat dan dikembangkan dalam kegiatan KKG Kurikulum 2013 (2) Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif dalam Kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan saintifik dengan berpedoman pada buku guru (3) Penilaian belajar Tematik Integratif pada Kurikulum 2013 dilakukan secara autentik dengan menilai sikap pengetahuan dan keterampilan peserta didik (4) Hambatan yang dihadapi oleh guru terjadi pada pembuatan RPP teknik penilaian yang terlalu banyak rapor yang berbentuk deskripsi dan sarana prasana sekolah yang kurang (5) Implikasi dari implementasi pembelajaran tematik integratif terlihat pada sikap dan keterampilan peserta didik yang meningkat akan tetapi pengetahuan peserta didik menjadi menurun. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada (1) lembaga (2) SD Negeri 1 Adipasir (3) guru (4) peserta didik. Adapun secara rinci saran-saran sebagai berikut (1) kepada lembaga yaitu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara untuk dapat membuat penilaian dan raport yang lebih sederhada dan menyediakan sarana prasana yang mencukupi (2) bagi SD Negeri 1 Adipasir dapat berkoordinasi dengan pihak terkait untuk dapat membuat format penilaian dan rapor yang lebih sederhana serta menyediakan sarana dan prasarana seperti laptop dan LCD untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru (3) guru sebaiknya meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan penilaian belajar serta berkoordinasi dengan orang tua peserta didik terkait dengan rapor (4) peserta didik harus mengikuti pembelajaran secara aktif untuk meningkatkan kompetensi sikap pengetahuan dan keterampian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62914 |
Actions (login required)
View Item |