Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar IPS siswa (studi pada kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Hilir Kalimantan Barat) / Sulastri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar IPS siswa (studi pada kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Hilir Kalimantan Barat) / Sulastri

Sulastri (2016) Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar IPS siswa (studi pada kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Hilir Kalimantan Barat) / Sulastri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulastri 2016. Penerapan pembelajaran Kooperatif Think Pair share (TPS) dan numbered heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar IPS siswa (studi pada kelas VII C SMP Negeri I Simpang hilir kalimantan-Barat). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd . (2) Dra. Siti Malikhah Towaf MA. Ph.D Kata Kunci TPS NHT Motivasi Aktivitas Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi awal dilapangan menunjukkan adanya beberapa permasalahan pembelajaran IPS di SMP Negeri I Simpang Hilir antara lain proses pembelajaran yang masih cenderung terpusat pada guru motivasi belajar siswa yang rendah ditandai siswa pada saat pembelajaran siwa tidak fokus berbicara dengan teman tidak mengerjakan tugas tepat waktu aktivitas belajar siswa yang rendah sedikit siswa yang aktif dalam pembelajaran baik bertanya merespon jawaban baik dari guru maupun dari teman hasil belajar siswa yang rendah dengan ketuntasan klasikal sebesar 43 33%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran koopertif TPS dan NHT untuk meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri I Simpang Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dikumpulkan antara lain berasal dari 1) hasil angket pelaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa 2) hasil angket motivasi belajar siswa 3) hasil angket aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung 2) tes hasil belajar 3) hasil wawancara 4) catatan lapangan 5) dokumentasi. Langkah-langkah pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dan Numbered Heads Together tahapan pembelajaran Kooperatif Think Pair Share yaitu pada 1) Think 2) Pair 3) share sedangkan tahapan pembelajaran Kooperatif Nunbered Heads Together yaitu 1) Numbering 2) Questioning 3) Heads Together 4) Answering. Dari penelitian ini diperoleh skor keterlaksanan pembelajaran oleh guru pada siklus I sebesar 76 85% dengan kriteria baik keterlaksanan pembelajaran oleh guru pada siklus II sebesar 87 12% dengan kriteria baik dan skor keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa pada siklus I sebesar 75 44% dengan kriteria baik skor keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa pada siklus II sebesar 86 20 dengan kriteria baik Skor motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 73 12% dengan kriteria sedang dan skor motivasi belajar siswa pada siklus II sebesar 81 26% dengan kriteria sangat tinggi . Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 65 37% dengan kriteria baik dan aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 72 87% dengan kriteria baik . Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 63 33% dan hasil belajar siswa pada siklus II ketuntasan klasikal siswa sebesar 86 67% Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian 1) agar pembelajaran kooperatif Think Pair share dan Numbered head together dapat meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa anatara lain a) pembentukkan kelompok kecil pada TPS dan kelompok besar pada NHT dibuat heterogen berdasarkan tingkat kemampuan anak sehingga pembelajaran antar siswa dapat terjadi dan bermakna. b) mengkaitkan materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga anak akan dapat aktif dalam pembelajaran. c) kelompok yang mengalami kesulitan diberikan bimbingan yang lebih intensif. d) memberikan reward secara nyata maupun dalam bentuk perkataan kepada siswa sehingga motivasi siswa dalam pembelajaran akan meningkat. e) Alokasi waktu pada tahapan pembelajaran diatur secara cermat agar pembelajaran berjalan secara efektif. 2) model pembelajaran kooperatif TPS dan NHT dapat menjadi salah satu variasi pelaksanaan pembelajaran oleh Guru. 3) untuk peneliti selanjutnya Bagi peneliti selanjuntnya yang akan meneliti dengan model pembelajaran kooperatif TPS dan NHT hendaknya memadukan dengan pendekatan atau model pembelajaran kooperatif lainnya atau dengan media sehingga proses pembelajaran yang dilakukan akan semakin meningkatkan keterlibata siswa dalam pembelajaran. Selain itu peneliti hendaknya tidak terbatas pada hasil belajar siswa secara kognitif tetapi mencakup aspek afektif dan psikomotorik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62913

Actions (login required)

View Item View Item