Penerapan model Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan pembelajaran tematik siswa kelas VB SDN kedungkandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Riisa Nisfi Laili - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan pembelajaran tematik siswa kelas VB SDN kedungkandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Riisa Nisfi Laili

Laili, Riisa Nisfi (2016) Penerapan model Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan pembelajaran tematik siswa kelas VB SDN kedungkandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Riisa Nisfi Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Laili Riisa Nisfi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VB SDN Kedungkandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Malang. Pembimbing 1) Dra. Nihayati S.Pd. M. Pd. Pembimbing 2) Drs. M. Imron Rosyadi H. Sy. S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pembelajaran Tematik. Hasil observasi awal yang dilakukan di kelas VB SDN Kedungkandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang diperoleh data bahwa guru hanya menggunakan model konvensional saat pembelajaran berlangsung yaitu dengan ceramah dan pemberian tugas. Siswa merasa bosan saat guru berceramah 4 siswa di bangku belakang banyak yang melempar kertas antar bangku terdapat 1 siswa yang terus menerus merenggangkan badannya pertanda bosan dan siswa mendadak ramai saat guru berceramah. Ditemukan fakta bahwa dari nilai tes pratindakan yang diberikan peneliti sebanyak 22 dari 27 siswa nilainya masih dibawah KKM. Oleh karena itu peneliti menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS Siswa. Model pembelajaran Team Game Turnament (TGT) merupakan tipe atau desain pembelajaran dengan memanfaatkan game akademik dalam penerapannya menggunakan kuis-kuis dan skor kemajuan individual dimana siswa berlomba sebagai wakil tim dengan anggota tim lain yang mempunyai kemampuan akademik sama. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembuatan desain pembelajaran penerapan pembelajaran guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif jenis penelitian kualitatif dengan rancangan menggunakan PTK model Kemmis dan MC. Taggart. Subjek penelitian siswa kelas VB SDN Kedungkandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Data meliputi data penerapan model TGT data aktivitas siswa dan data hasil belajar siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Peneliti berkolaborasi dengan guru saat melakukan penelitian peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai pemberi tindakan. Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan. Penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.Hasil penyusunan desain pembelajaran siklus I rata-rata 83 73% meningkat 14 6% pada siklus II dengan rata-rata 98 33%. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus I rata-rata 70 73% meningkat 13 45% menjadi 84 81%. Hasil aktivitas siswa siklus I rata-rata 66 66% meningkat 16 49% pada siklus II dengan rata-rata 83 15%. Hasil belajar siswa siklus I rata-rata 63 05 meningkat 14 89 pada siklus II dengan rata-rata 77 94.Saran yang diberikan yaitu (1) guru harus benar-benar memahami langkah-langkah model pembelajaran TGT (2) memberikan kesempatan siswa untuk aktif bertanya dan berani menjawab pertanyaan dan (3) dibutuhkan pemahaman guru dalam mengaitkan materi dengan realitas kehidupan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6291

Actions (login required)

View Item View Item