Sarnoko (2016) Penerapan pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN I Sanan Wonogiri / Sarnoko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sarnoko. 2016. Penerapan Pendekatan Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN I Sanan Wonogiri. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si (II). Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Ed. Kata kunci pendekatan SAVI video pembelajaran aktivitas hasil belajar IPS Berdasarkan observasi awal siswa kelas IV SDN I Sanan Wonogiri terungkap rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini terlihat dari kurangnya keinginan siswa menjawab pertanyaan guru saat pembelajaran rendahnya aktivitas siswa belajar kelompok maupun presentasi kelas. Pelaksanaan pembelajaran juga didominasi oleh guru sehingga siswa jadi pasif dalam belajar. Dari dokumentasi hasil belajar juga terungkap hasil belajar IPS siswa yang rendah karena belum memenuhi KKM IPS yang ditetapkan. Kurangnya terlibatnya siswa dalam proses pembelajaran dianggap sebagai salah satu dampak rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS. Permasalahan ini dapat diatasi dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari dan menemukan konsep-konsep IPS dalam proses pembelajaran melalui penerapan pendekatan SAVI berbantuan video pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan penerapan pendekatan SAVI berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN I Sanan Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas (PTK) yang meliputi beberapa tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan bersamaan observasi dan refleksi. Proses PTK dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus dilakukan sebanyak tiga pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN I Sanan Wonogiri dengan subjek penelitian 14 siswa kelas IV tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data diperoleh dari rekap praktik pembelajaran observasi tes hasil belajar catatan lapangan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan SAVI berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN I Sanan Wonogiri. Aktivitas siswa pada siklus I masih pada kriteria kurang baik (64 29%) dan pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi kriteria baik (85 71%). Sementara untuk hasil belajar siswa pada siklus I menunjukan hanya 10 siswa (71 43%) tuntas belajar dan pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa (85 71%) tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa terjadi karena penerapan pendekatan SAVI berbantuan video pembelajaran. Guru disarankan merancang persiapa pembelajaran secara matang dalam menerapkan pendekatan SAVI berbantuan video pembelajaran. Guru perlu menyiapkan video pembelajaran yang menyenangkan dan akan lebih baik jika semua video pembelajaran tersebut dibuat sendiri oeh guru. Guru sebaiknya menganalisis konsep yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan sebelumnya merancang strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik materinya serta merangsang aktivitas belajar siswa secara maksimal untuk menemukan sendiri konsep yang hendak dipelajari. Peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian pada kelas mata pelajaran maupun KD yang berbeda agar dapat menguji pendekatan SAVI dengan berbantuan video pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62906 |
Actions (login required)
View Item |