Pengembangan buku ajar tematik berbasis kearifan lokal Bugis-Makassar untuk siswa kelas III sekolah dasar / Unga Utari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar tematik berbasis kearifan lokal Bugis-Makassar untuk siswa kelas III sekolah dasar / Unga Utari

Utari, Unga (2016) Pengembangan buku ajar tematik berbasis kearifan lokal Bugis-Makassar untuk siswa kelas III sekolah dasar / Unga Utari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utari Unga 2016. PengembanganBuku Ajar TematikBerbasisKearifanLokalBugis-Makassar PadaSiswaKelas III SD TemaKeperluanSehari-hari. Tesis Program StudiPendidikanDasar Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I NyomanSudanaDegeng M.Pd. (2) Prof. Sa dun Akbar M.Pd. Kata Kunci Buku Ajar PembelajaranTematik KearifanLokal Pembelajarantematikmerupakansebuahpembelajaranyang mengintegrasikanbeberapamuatanmateridalamsebuahtema.Tematersebutmerupakanhal-hal yang dekatdengankehidupansiswa.Pembelajarantematik di sekolahdasarmasihbelumdidukungdenganbahan ajar tematikyang berbasiskearifanlokal.Berdasarkanstudipendahuluan di tigasekolah ditemukanbeberapakendala antara lain (1) guru belummenggunakanbukutematikdalammelaksanakanpembelajarantematik di kelas (2) bahan ajar yang digunakanbelummengangkatkearifanlokalsiswabelajaruntuklebihmengontekstualkanpembelajarantematik di kelas (3) pembelajaranterkotak-kotakmengakibatkansiswabelumaktifdalampembelajarantematik di kelas (4)pembelajarantematiklebihmenekankanpadaranahkognitifsajasehinggaranahafektifdanpsikomotorikbelummaksimalpelaksanaannya. Tujuanpenelitianiniyaitumenghasilkanbukutematikguru danbukusiswaberbasiskearifanlokalBugis-Makassar temaKeperluansehari-hari yang memenuhikriteriavalid secarateoritik memenuhitingkatketerlaksanaandankemanfaatan yang tinggisertaefektifdalammencapaitujuanpembelajaran yang ditentukan. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan.Penelitianinimenggunakan model yang diadaptasidari model pengembangan Dick Carey yang meliputi (1) analisiskebutuhanuntukmenentukantujuanumumpembelajaran (2) melakukananalisispembelajarandanketerampilan (3) menganalisissiswadanlingkungan (4) merumuskantujuankhusus (5) mengembangkaninstrumenpenilaian (6) mengembangkanstrategipembelajaran (7) mengembangkandanmemilihmateripembelajaran (8) merancangdanmelakukanevaluasiformatif dan(9) merevisipengajaran. Hasilpenelitiandanpengembanganmenunjukkanbahwabuku guru danbukusiswa yang dikembangkanmencapaikualifikasisangat valid denganpersentaseketercapaiansebesar 94 25% tingkatketerlaksanaan yang sangatbaikdenganpersentasesebesar87 5% tingkatkemanfaatan yang tinggidenganpersentasekemanfaatansebesar 86% danefektifdenganpersentasesebesar 92 5%. Temuanlaindalampembelajarantematikmenggunakanproduk yang dikembangkansiswalebihaktidalammengikutipembelajarankarenamateri yang diitegrasikankedalambuku ajar merupakankearifanlokal yang ada di daerahmerekasehinggapembelajaranlebihbermaknadankontekstual. Dari hasilujicoba yang dilaksanakan makadisarankanuntukmenggunakanbuku guru danbukusiswaberbasiskearifanlokalBugis-Makassar sebagaisalahsatusumberbelajardalampembelajarantematik.Jikaingindigunakan di sekolahlain sebaiknyadilakukananalisiskarakteristiksiswadankontekspembelajaran di sekolahtersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62905

Actions (login required)

View Item View Item