Peningkatan kemampuan menulis deskripsi menggunakan model directed writing activity dengan media visual untuk siswa kelas IV SDN Curahlele 02 Balung Jember / Wit Ana Margono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis deskripsi menggunakan model directed writing activity dengan media visual untuk siswa kelas IV SDN Curahlele 02 Balung Jember / Wit Ana Margono

Margono, Wit Ana (2016) Peningkatan kemampuan menulis deskripsi menggunakan model directed writing activity dengan media visual untuk siswa kelas IV SDN Curahlele 02 Balung Jember / Wit Ana Margono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKANMODEL DIRECTED WRITING ACTIVITY DENGAN MEDIA VISUAL UNTUK SISWA KELAS IV SDN CURAHLELE 02 BALUNG JEMBER Wit Ana Margono Imam Agus Basuki MuhanaGipayana Prodi. S-2 Dikdas - UniversitasNegeri Malang E-mail witana.margono gmail.com. No. HP. 081943317192 ABSTRAK Tujuan penelitian adalah menggunakan model DWA dengan media visual untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Curahlele 02 Balung Jember.Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan siklus model Kemmis dan Taggant. Penelitian dilakukan selama dua siklus. Kegiatan penelitian yang dilakukan adalah perencanaan (planning) tindakan (acting)sekaligus observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Curahlele 02 yang berjumlah 28 siswa dan seorang guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas siswa dan guru dokumentasi foto kegiatan pembelajaran dan penilaian hasil karangan siswa. Penilaian hasil karangan mengacu pada kemampuan menentukan ide gagasan pemilihan kata dan ejaan tulisan karangan.Hasil penelitian menunjukkan penerapan langkah-langkah DWA dengan media visual berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan proses menulis karangan deskripsi hal ini terbukti dengan ada peningkatan persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir.Kesimpulan Guru dalam penggunaan model DWA dengan media visual menjadi fasilitator dan pembimbing bagi siswa untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi.Saran penelitian ini bisa dijadikan acuan bagi guru untuk meningkatkan proses dan hasil belajar menulis karangan deskripsi bagi pimpinan lembaga untuk memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran serta penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti berikutnya. Kata Kunci model direct writing activity media visual menulis deskripsi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62901

Actions (login required)

View Item View Item