Penggunaan kemasan kotak melalui pembelajaran kontekstual untuk memahamkan sifat jaring-jaring kubus dan balok pada siswa kelas IV SDN 01 Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung / Khairul Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan kemasan kotak melalui pembelajaran kontekstual untuk memahamkan sifat jaring-jaring kubus dan balok pada siswa kelas IV SDN 01 Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung / Khairul Hidayat

Hidayat, Khairul (2016) Penggunaan kemasan kotak melalui pembelajaran kontekstual untuk memahamkan sifat jaring-jaring kubus dan balok pada siswa kelas IV SDN 01 Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung / Khairul Hidayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat Khairul.2015. Penggunaan Kemasan Kotak Melalui Pembelajaran Kontekstual Untuk Memahamkan Sifat Jaring-Jaring Kubus dan Balok Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II) Dr. Syamsul Hadi M.Pd M.Ed Kata Kunci bahan manipulatif kontekstual memahamkan sifat jaring-jaring kubus dan balok. Kesulitan memahami materi jaring-jaring kubus dan balok dialami oleh siswa SDN 01 Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Kasus ini disebabkan (1) kondisi kelas kurang kondusif selama pembelajaran (2) penyampaian materi dengan cara konvensional membuat siswa bosan dan kurang memperhatikan (3) guru belum menggunakan bahan manipulatif dalam pembelajaran dan (4) siswa kurang memahami konsep awal suatu materi. Dalam penelitian ini dipergunakan bahan manipulatif untuk mengatasi masalah. Penelitian ini akan mendeskripsikan penggunaan kemasan kotak melalui pembelajaran kontekstual untuk memahamkan siswa tentang sifat jaring-jaring kubus dan balok. Pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan pembelajaran kontekstual yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap reviu (2) tahap pengembangan dan latihan terkontrol dan (3) penutup dan pemberian pekerjaan rumah. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Untuk mendukung penelitian ini maka disusun (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (2) Lembar Kerja Siswa (3) Lembar Validasi (4) Lembar Observasi Aktivitas Guru dan Siswa (5) Lembar Wawancara (6) Pekerjaan Rumah dan (7) Soal Test Akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan bahan manipulatif kemasan kotak dapat memahamkan sifat jaring-jaring kubus dan balok dengan cara berikut ini (1) siswa memotong kemasan kotak yang terbuat dari karton menurut 7 rusuk-rusuknya (2) siswa membuka kemasan kotak yang telah dipotong. Di Akhir siklus II persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan konsep prosedur dan kalkulasi di atas 75% dari seluruh siswa memperoleh nilai akhir lebih dari atau sama dengan 70.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62900

Actions (login required)

View Item View Item