Winarti, Erwin Wahyu (2016) Penggunaan bahasa Indonesia lisan dalam pembelajaran kelas rangkap SDN Wonorejo 04 Singosari Malang: studi kasus pada murid kelas 2-6 di SDN Wonorejo 04 Pusung Wonorejo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Erwin Wahyu Winarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyu Winarti Erwin. 2016. PenggunaanBahasa Indonesia LisandalamPembelajaranKelasRangkapdi SDNWonorejo04Singosari Malang.Studikasuspadaguru dan muridkelas 2-6 di SDN Wonorejo 04 PusungWonorejoKecamatanSingosariKabupaten Malang.Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Bahasa Indonesia. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono MPd (II) Prof. Dr. Heri Suwignyo MPd. Kata Kunci Pembelajaran Kelas Rangkap Bahasa Indonesia Lisan. Pembelajaran kelas rangkap di Indonesia masih banyak kita jumpai terutama di luar pulau Jawa. Keterbatasan sarana dan prasarana pengajar jumlah rombel serta akses jalan menuju wilayah yang tertinggal sangat potensi menghambat penerapan Delapan Standar Nasional Pendidikan yang telah dicanangkan Pemerintah Indonesia dalam PP Nomor 19/2005. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan bahasa Indonesia lisan di SDNWonorejo04PusungWonorejoKecamatanSingosariKabupaten Malang. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengajipenggunaanbahasa Indonesia lisan guru dalammenyampaikanmateri ajar (2) mengajipenggunaanbahasa Indonesia lisan guru dalammemberidorongankepadasiswa (3) mengajipenggunaanbahasa Indonesia lisan dalaminteraksisiswa guru (4) mengajipenggunaanbahasa Indonesia lisangurusaatbertanyakepadasiswa (5) mengajipenggunaanbahasa Indonesia lisansiswasaatmenjawabpertanyaan guru dan (6) mengajipenggunaanbahasa Indonesia lisan dalaminteraksisiswa-siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini peneliti yang menetapkan lokasi penelitian memilih informan menetapkan sumber data melakukan pengumpulan data menyeleksi data menganalisis data menyimpulkan data sekaligus melaporkan data yang diperoleh. Data penelitian yang digunakan adalah ujaran yang diucapkan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran didalampembelajaran dalam lingkup sekolah. Pengumpulan data melalui observasi peneliti menggunakan kamera digital untuk merekam data berupa video rekaman ponsel pedoman wawancara lembar pengamatan dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data data teori dan metodologi untuk mengecek keabsahan data. Teori yang digunakan adalah teori tujuan berbicara yang merupakan hasil pemikiran yang dipaparkan oleh Oaks dan Winkler dan digabungkan dengan pemikiran Keraf yakni (1) melaporkan (2) menghibur (3) memberitahukan (4) membujuk (5) mendesak (6) mengajak dan (7) meyakinkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara teori dan fakta di lapangan. Merujuk teori yang digunakan ternyata ada dua jenis tujuan berbicara yang tidak muncul selama penelitian berlangsung yakni (1) melaporkan) dan (2) menghibur. Teori yang sama ditemukan 5 jenis tujuan berbicara yakni (1) memberitahukan (2) membujuk (3) mendesak (4) mengajak dan (5) meyakinkan Adapun temuan di lapangan yang diperoleh adalah (1) memperjelas (2) menunjukkan (3) meminta (4) menalar (5) mengingat (6) menggali (7) mengaitkan (8) membenarkan (9) melarang (10) menyalahkan (11) menglarifikasi dan (12) memuji.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62899 |
Actions (login required)
View Item |