Penerapan metode permainan kartu persegi untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun kubus siswa kelas IV SDN Batu Ampar Pelaihari / Dahliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode permainan kartu persegi untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun kubus siswa kelas IV SDN Batu Ampar Pelaihari / Dahliana

Dahliana (2016) Penerapan metode permainan kartu persegi untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun kubus siswa kelas IV SDN Batu Ampar Pelaihari / Dahliana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dahliana 2015. Penerapan Metode Permainan Kartu Persegi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika materi Bangun Kubus Siswa Kelas IV SDN Batu Ampar Pelaihari. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (II) Dr. Subanji M.Si. Kata Kunci metode permainan kartu persegi hasil belajar bangun kubus. Bangun kubus merupakan salah satu bangun ruang sederhana untuk materi Matematika di Sekolah Dasar. Studi pendahuluan di SDN Batu Ampar Pelaihari menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada bangun datar belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu perlu upaya menerapkan pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah-langkah perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan pembelajaran dan 1 kali pertemuan evaluasi pembelajaran. Analisis data menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep bangun kubus meningkat setelah diterapkannya metode permainan kartu persegi. Peningkatan hasil belajar kognitif ditandai dengan peningkatan ketuntasan klasikal 88.24 dan skor rata-rata tes akhir 83 24 pada Siklus II yang mampu melampaui KKM yang ditentukan yakni 70. Berdasarkan hasil temuan tersebut disarankan kepada guru Matematika di SD untuk menerapkan metode permainan kartu persegi dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62896

Actions (login required)

View Item View Item