Irmawansah (2015) Penerapan teknik mind mapping berbasis kebudayaan lokal untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPS di kelas IVB SDN Tumpas / Irmawansah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Irmawansah. 2015.Penerapan Teknik Mind Mapping Berbasis Kebudayaan Lokal untuk Meningkatkan AktivitasdanHasil Belajar Siswa pada Muatan IPS di Kelas IVB SDN Tumpas. Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe. Tesis. ProgramStudiPendidikan Dasar. PascasarjanaUniversitas NegeriMalang. Pembimbing (I)Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd.(II)Prof. Dr.Sumarmi M. Pd. KataKunci Mind Mapping berbasisKebudayaan Lokal Aktivitas HasilBelajar Hasilobservasi awalpadasiswakelasIVB SDN Tumpas ditemukan permasalahan mengenai proses pembelajaranIPS yaitu mengenai rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar yang ditunjukkan oleh siswa. Ketika proses pembelajaran berlangsung beberapa siswa kurang memperhatikan penjelasan guru mereka bermain sendiri berbicara dengan teman sebangku. Siswa terlihat cenderung bersikap sendiri-sendiri sehingga interaksi dan kerja sama antar siswa masih kurang. Siswa masih terlihat pasif dalam proses pembelajaran berlangsung dikarenakan guru masih mendominasi pembelajaran hal ini menunjukkan aktivitas dalam pembelajaran masih rendah. Sehingga permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Pembelajaran IPS dengan menggunakan teknik mind mapping berbasis kebudayaan lokal dapat dikembangkan untuk memberikan pembelajaran bermakna dan keberlanjutan serta menggali potensi budaya yang dimiliki siswa dan dapat mendekatkan siswa dengan budaya serta melestarikan budaya. Tujuan penelitianiniyaitu mendeskripsikan penerapan teknik mind mapping berbasis kebudayaan lokalyangdapatmeningkatkan aktivitasdan hasilbelajar siswadikelasIVB SDN Tumpas. Penelitian inimerupakanpenelitian tindakan kelas(PTK)yangmeliputi beberapatahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasidan refleksi. Proses PTKdilaksanakandalamduasiklus pada siklus I dilakukan sebanyak 3 pertemuan sedangkan pada siklus II dilakukan sebanyak 2 pertemuan. Penelitian inidilaksanakan diSDNTumpas Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe dengan subyekpenelitian23siswakelasIVB tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan datadiperoleh dariobservasi teshasilbelajar. Hasilpenelitian menunjukanbahwa 1) penerapan teknik mind mapping berbasis kebudayaan lokal dapat meningkatkan aktivitasdan hasilbelajar pada muatan IPS di kelas IVB SDN Tumpas terlaksana dengan baik 2). penggunaan teknik mind mapping berbasis kebudayaan lokal dapat meningkatkan aktivitas siswa yang ditunjukkan oleh hasil observasi pada siklus siklusImencapai rata-rata 66% dengan kriteria baik dan padasiklusIIaktivitas siswameningkat menjadikriteriasangat aktif dengan nilai rata-rata 82% 3) penggunaan teknik mind mapping berbasis kebudayaan lokal dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai hasil belajar dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I menunjukan 10siswa tuntasbelajar sekitar 43% sedangkan padasiklusIImeningkat menjadi19siswa tuntasbelajar sekitar 82%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62889 |
Actions (login required)
View Item |