Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turen / Yono Edy Kristanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turen / Yono Edy Kristanto

Kristanto, Yono Edy (2015) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turen / Yono Edy Kristanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kristanto Yono Edy. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Turen. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo. M. Sc. Ph. D. (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. Kata Kunci inkuiri terbimbing kemampuan berpikir kritis hasil belajar. Sesuai dengan hakikatnya pembelajaran IPA dilakukan dengan inkuiri agar siswa dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang aktif ini dapat menghasilkan pembelajaran yang bermakna memberi pengalaman kepada siswa memberdayakan kemampuan berpikir dan meningkatkan hasil belajar. Untuk siswa SMP inkuiri yang cocok untuk diterapkan yaitu inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Turen. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling dan diperoleh dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen perlakuan terdiri atas Silabus dan RPP materi Suhu dan Kalor. Instrumen pengukuran berupa tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif materi Suhu dan Kalor serta lembar observasi penilaian psikomotor dan afektif. Sebelum digunakan untuk pengambilan data instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar kognitif divalidasi oleh ahli dilanjutkan dengan uji coba ke siswa. Hasil uji reliabilitas tes hasil belajar kognitif diperoleh ri 0 752 tes kemampuan berpikir kritis diperoleh ri 0 774. Sebelum data dianalis dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji homogenitas dan uji normalitas. Uji hipotesis menggunakan uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional 2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Rata-rata nilai postes kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 65 96 dan kelas kontrol 58 23 sedangkan rata-rata nilai hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 50 8 dan kelas kontrol 39 5. Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru dapat menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa peneliti lain dapat melakukan penelitian dengan model inkuiri terbimbing pada materi atau jenjang yang berbeda dan perlu dilakukan pengembangan penelitian inkuiri terbimbing dengan berbagai variasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62888

Actions (login required)

View Item View Item