Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri dengan nilai islami pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk meningkatkan kemampuan bernalar ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP / Julia Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri dengan nilai islami pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk meningkatkan kemampuan bernalar ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP / Julia Astutik

Astutik, Julia (2015) Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri dengan nilai islami pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk meningkatkan kemampuan bernalar ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP / Julia Astutik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astutik Julia. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri dengan Nilai Islami pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil M.Si (II) Dr. Hadi Suwono M.Si. Kata kunci bahan ajar inkuiri zat aditif zat adiktif nilai islami kit bernalar ilmiah hasil belajar kognitif. Pembelajaran materi zat aditif dan zat adiktif sebaiknya tidak hanya mementingkan hasil kognitif siswa tetapi mampu meningkatkan kemampuan siswa bernalar secara ilmiah dan meningkatkan pemahaman terhadap ajaran agama. Siswa juga diharapkan bisa menyikapi maraknya penggunaan zat aditif berbahaya di masyarakat setelah mempelajari materi ini. Hasil belajar kognitif maupun proses bernalar ilmiah sangat membutuhkan bahan ajar yang mendukungnya. Bahan ajar materi zat aditif dan zat adiktif sudah tersedia tetapi pilihan percobaan dan kit penunjang masih kurang adapun kit zat aditif non pangan yang tersedia di pasaran relatif mahal. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) mengembangkan bahan ajar berbasis inkuiri dengan nilai islami pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk meningkatkan kemampuan bernalar ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa SMP kelas VIII (2) mendeskripsikan kelayakan dan potensi keefektifan bahan ajar yang dikembangkan (3) menganalisis kepraktisan kit penunjang bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model four D Thiagarajan yang meliputi tahap define (pendefinisian) design (perancangan) dan develop (pengembangan). Bahan ajar berupa buku guru buku siswa dan kit penunjang buku. Kit penunjang meliputi kit sampel zat aditif test kit boraks test kit curcumin test kit formalin dan heater set untuk identifikasi pewarna. Penelitian dilakukan di SMP Plus Hidayatul Mubtadiin. Uji keterbacaan bahan ajar dilakukan pada 8 orang siswa kelas IX. Uji keterlaksanaan dilakukan pada kelas 25 siswa VIII A dan uji coba lapangan dilakukan di kelas VIII B sebagai kelas eksperimen untuk mengetahui potensi bahan ajar dalam meningkatkan kemampuan bernalar dan hasil belajar kognitif siswa. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design sebanyak 37 siswa. Data yang diperoleh berupa data kulitatif dan kuantitatif. Pengolahan data kualitatif dengan deskriptif sedangkan data kuantitatif dengan menggunakan N-gain. Hasil rata-rata validasi ahli terhadap buku guru 76 50% buku siswa 76 30%. Hasil rata-rata validasi praktisi pendidikan 96 81% praktisi pendidkan islam 82% uji coba pendahuluan pada kelompok kecil 83 15% dan uji coba lapangan 82 89%. N-gain hasil belajar kognitif 0 56 dan N-gain penalaran ilmiah 0 14. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berpotensi meningkatkan kemampuan bernalar ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62886

Actions (login required)

View Item View Item