Pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan thinking map terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Lolak, Bolaang Mongondow / Jeneri Pintubatu

Pintubatu, Jeneri (2015) Pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan thinking map terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Lolak, Bolaang Mongondow / Jeneri Pintubatu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pintubatu, Jeneri. 2015. Pengaruh Model InkuiriTerbimbingBerbantuanThinking MapterhadapHasilBelajarSiswa SMP Negeri 1 Lolak, BolaangMogondow. Tesis Program StudiPendidikanDasar, Pascasarjana, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing: (1) Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D., (2) DrMuhardjito, M.S. Kata kunci: model inkuiriterbimbing, thinking map, hasilbelajar. Hasilbelajarsiswamerupakansuatuinteraksitindakdaribelajardantindakdarimengajar.Hasilbelajarmencakuphasilbelajarkognitif, afektifdanpsikomotorik.Dalam proses belajarseringterjadiketidaktuntasandalamhalkognitif, afektifdanpsikomotorik. Hal tersebut, karena model pembelajaran yang digunakan guru kurangtepatdantidakinovatif, guru hanyafokuspadapenyerapankontenpembelajaraanmelaluimenghafal, bukanmelalui proses berpikir, siswatidakdilatihdandiberdayagunakandalam proses berpikirdalammemecahkanpermasalah. Olehsebabitu, untukmengotimalkanpembelajaranmateriinteraksimakhlukhiduplingkungansiswakelas VII SMP Negeri 1 Lolak, BolaangMongondowdiperlukanpenerapan model pembelajaran yang tepatdaninovatif. Model pembelajarantersebutadalah model pembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanthinking map. Tujuanpenelitianiniuntuk 1) mengetahuiperbedaan model inkuiriterbimbingberbantuanthinking mapterhadaphasilbelajarsiswa 2) mengetahuihubungan model pembelajarandandenganthinking mapsiswadenganhasilbelajar, dan, 3)Bagaimanaketerlaksanaan proses pembelajaranmodel inkuiriterbimbingberbantuanthinking mapdan model inkuirikonfirmasipada materiinteraksimakhlukhidupdanlingkungan di SMP Negeri 1 Lolak? Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganbeberapaalasan, yaitu, (1) mengujihipotesistentangpengaruh model pembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanthinking mapterhadaphasilbelajarsiswa, (2) data dalampenelitianberupaangka, (3) data penelitiandianalisisdenganmenggunakanuji-t, dan (4) mendeskripsikan model pembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanthinking map. RancanganPenelitianadalahkuasieksperimendengandesainpostest only control group design. PopulasiPenelitianiniadalahsiswakelas VII SMP Negeri 1 Lolak semester genap.Sampelterdiriatasduakelasyaitukelasmasing-masingkelasberjumlah25 siswa. Kelas 7A sebagaikelaseksperimensedangkankelaskontrol 7B. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) terdapatperbedaan yang signifikanpenggunaan model pembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanthinking mapdibandingkandenganinkuirikonfirmasiuntukhasilbelajarkognitifyaitutarafsignifikan α = 0,05 dan t hitung 2,841. (2) Ada keterkaitanantarahasilbelajardenganthinking map yang dibuatsiswa, ditunjukkanpadanilai yang hasilbelajarkognitif yang tinggijugamemilikipolaketerampilanberpikir yang tinggi. (3) Keterlaksanaan pembelajaran model inkuiriterbimbing berbantuan thinking map daninkuirikonfirmasiterlaksana dengan baik, terjadinya proses belajar yang kontruktivis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62885

Actions (login required)

View Item View Item