Pintubatu, Jeneri (2015) Pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan thinking map terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Lolak, Bolaang Mongondow / Jeneri Pintubatu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pintubatu Jeneri. 2015. Pengaruh Model InkuiriTerbimbingBerbantuanThinking MapterhadapHasilBelajarSiswa SMP Negeri 1 Lolak BolaangMogondow. Tesis Program StudiPendidikanDasar Pascasarjana UniversitasNegeri Malang Pembimbing (1) Dra. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D. (2) DrMuhardjito M.S. Kata kunci model inkuiriterbimbing thinking map hasilbelajar. Hasilbelajarsiswamerupakansuatuinteraksitindakdaribelajardantindakdarimengajar.Hasilbelajarmencakuphasilbelajarkognitif afektifdanpsikomotorik.Dalam proses belajarseringterjadiketidaktuntasandalamhalkognitif afektifdanpsikomotorik. Hal tersebut karena model pembelajaran yang digunakan guru kurangtepatdantidakinovatif guru hanyafokuspadapenyerapankontenpembelajaraanmelaluimenghafal bukanmelalui proses berpikir siswatidakdilatihdandiberdayagunakandalam proses berpikirdalammemecahkanpermasalah. Olehsebabitu untukmengotimalkanpembelajaranmateriinteraksimakhlukhiduplingkungansiswakelas VII SMP Negeri 1 Lolak BolaangMongondowdiperlukanpenerapan model pembelajaran yang tepatdaninovatif. Model pembelajarantersebutadalah model pembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanthinking map. Tujuanpenelitianiniuntuk 1) mengetahuiperbedaan model inkuiriterbimbingberbantuanthinking mapterhadaphasilbelajarsiswa 2) mengetahuihubungan model pembelajarandandenganthinking mapsiswadenganhasilbelajar dan 3)Bagaimanaketerlaksanaan proses pembelajaranmodel inkuiriterbimbingberbantuanthinking mapdan model inkuirikonfirmasipada materiinteraksimakhlukhidupdanlingkungan di SMP Negeri 1 Lolak Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganbeberapaalasan yaitu (1) mengujihipotesistentangpengaruh model pembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanthinking mapterhadaphasilbelajarsiswa (2) data dalampenelitianberupaangka (3) data penelitiandianalisisdenganmenggunakanuji-t dan (4) mendeskripsikan model pembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanthinking map. RancanganPenelitianadalahkuasieksperimendengandesainpostest only control group design. PopulasiPenelitianiniadalahsiswakelas VII SMP Negeri 1 Lolak semester genap.Sampelterdiriatasduakelasyaitukelasmasing-masingkelasberjumlah25 siswa. Kelas 7A sebagaikelaseksperimensedangkankelaskontrol 7B. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) terdapatperbedaan yang signifikanpenggunaan model pembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanthinking mapdibandingkandenganinkuirikonfirmasiuntukhasilbelajarkognitifyaitutarafsignifikan 945 0 05 dan t hitung 2 841. (2) Ada keterkaitanantarahasilbelajardenganthinking map yang dibuatsiswa ditunjukkanpadanilai yang hasilbelajarkognitif yang tinggijugamemilikipolaketerampilanberpikir yang tinggi. (3) Keterlaksanaan pembelajaran model inkuiriterbimbing berbantuan thinking map daninkuirikonfirmasiterlaksana dengan baik terjadinya proses belajar yang kontruktivis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62885 |
Actions (login required)
View Item |