Mustifah (2015) Penerapan model pembelajaran timed pair share dan Fan-N-Pick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi kelas VIIIb SMP Gaya Baru kecamatan Gedangan Kabupaten Malang) / Mustifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mustifah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Timed Pair Share dan Fan-N-Pick untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS (Studi Kelas VIII B SMP GAYA BARU Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan IPS Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M. Ed. M.Si (II) Prof. Dr. Sumarmi M. Pd. Kata Kunci Timed Pair Share Fan-N-Pick Motivasi Belajar Hasil Belajar . Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMP GAYA BARU Kecamatan gedangan Kabupaten Malang dapat ditemukan permasalahan sebagai berikut 1) motivasi belajar siswa di sekolah tersebut rendah 2) nilai hasil belajar kognitif juga rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari perhatian siswa terhadap pelajaran masih kurang hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya siswa yang tidak serius dalam mengerjakan tugas dari guru. Kurang adanya rasa percaya diri siswa selama proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah pembelajaran cenderung berpusat pada guru yang menyebabkan siswa pasif. Kurang adanya pemahaman siswa terhadap kegunaan materi yang dipelajari karena dianggap tidak ada keterkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut maka diterapkan model pembelajaran Timed Pair Share dan Fan-N-Pick sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalah-permasalahan yang ada. Tujuan penelitian secara rinci adalah (1) untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Timed Pair Share dan Fan-N-Pick yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP GAYA BARU Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang (2) untuk mengetahui bagaimana peningkatkan motivasi belajar IPS siswa setelah penerapan model pembelajaran Timed Pair Share dan Fan-N-Pick pada kelas VIII B SMP GAYA BARU Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang (3) untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Timed Pair Share dan Fan-N-Pick pada siswa kelas VIII B SMP GAYA BARU Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Rancangan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP GAYA BARU Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) observasi (2) angket (3) tes dan (4) dokumentasi. Data tentang penerapan model pembelajaran Timed Pair Share dan Fan-N-Pick dikumpulkan melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa data motivasi dikumpulkan melalui pengisian angket motivasi belajar siswa yang dilakukan sebelum tindakan dan tiap akhir siklus data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang dilakukan pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Timed Pair Share dan Fan-N-Pick telah berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran oleh guru pada tiap siklus mengalami peningkatan siklus I mencapai 86 8% pada siklus II mencapai 90 5% sedangkan keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa juga meningkat pada siklus I mencapai 79% dengan kriteria baik siklus II mencapai 85 8% dengan kriteria sangat baik. Penerapan model pembelajarn Timed Pair Share dan Fan-N-Pick juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dimana sebelum tindakan skor rata-rata motivasi belajar siswa mencapai 46 32% siklus I skor rata-rata motivasi belajar siswa mencapai 61 95 dengan kriteria tinggi sedangkan pada akhir siklus II skor rata-rata motivasi belajar siswa mencapai 81 54% yaitu berada pada kriteria sangat tinggi hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan dari nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 2 98 meningkat pada siklus II mencapai 3 19 sedangkan ketuntasan klasikal kelas siklus I mencapai 72% pada siklus II meningkat menjadi 92% atau pada kriteria sangat baik. Berdasar hasil penelitian disarankan (1) bagi guru untuk dapat mempertimbangkan model pembelajaran Timed Pair Share dan Fan-N-Pick sebagai salah satu pilihan model pembelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran IPS yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran. Penerapan model pembelajaran Timed Pair Share dan Fan-N-Pick membutuhkan pengelolaan kelas yang baik karena pembelajaran ini melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan (2) Bagi peneliti selanjutnya dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan model pembeajaran Timed Pair Share dan Fan-N-Pick sebaiknya a) guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran hingga siswa benar-benar memahami cara kerja kelompok maupun individu sehingga siswa dapat menjalankan perannya dalam pembelajaran dengan baik b) perhatian guru pada siswa di tiap kelompok harus dimaksimalkan serta mengarahkan dan membimbing siswa dalam kerja kelompok mengingat model pembelajaran ini melibatkan semua siswa dalam pembelajaran dengan demikian pembelajaran dapat berjalan efektif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62883 |
Actions (login required)
View Item |