Pengembangan modul ketrampilan menulis deskripsi berbasis karakter pada siswa kelas V SDN Model Kota Malang / Nofita Putranti Kristiyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ketrampilan menulis deskripsi berbasis karakter pada siswa kelas V SDN Model Kota Malang / Nofita Putranti Kristiyaningsih

Kristiyaningsih, Nofita Putranti (2015) Pengembangan modul ketrampilan menulis deskripsi berbasis karakter pada siswa kelas V SDN Model Kota Malang / Nofita Putranti Kristiyaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putranti Nofita. 2015. Pengembangan Modul Keterampilan Menulis Deskripsi Berbasis Karakter Siswa Kelas 5 SDN Model Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I)Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (II) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata kunci Pengembangan Modul Karakter Menulis Deskripsi Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tulis serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia Pada umumnya siswa mengalami hambatan ketika diberi tugas oleh guru untuk menulis. Mereka mengalami kesulitan dalam menyusun kalimat dan kurang menguasai tata bahasa. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan di kelas V SDN Model Kota Malang terkait dengan kesulitan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Buku siswa yang telah ada kurang membantu keterampilan siswa dalam menulis selain itu pendidikan karakter yang tercantum dalam buku siswa lebih menekankan pada materi ajar saja sehingga tidak masuk dalam pembelajaran menulis deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk manghasilkan bahan ajar modul keterampilan menulis deskripsi berbasis karakter melalui validasi ahli keterterapan dan kemenarikan siswa modul melalui uji coba lapangan. Diharapkan modul dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi. Model pengembangan produk yang digunakan adalah Borg Gall yang sudah disederhanakan menjadi 6 langkah yang lebih sederhana yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) validasi (5) Uji coba lapangan dan (6) produk akhir. Pengembangan produk ini melalui uji validasi oleh ahli dan praktisi dan uji coba lapangan yang dilakukan pada guru dan siswa kelas V SDN Model Kota Malang Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli dan praktisi serta uji coba lapangan skala terbatas yang dilakukan. Produk (modul siswa dan pedoman guru) ini dikatan valid berdasarkan ahli materi/isi bahasa dan desain dengan hasil 86% yang menunjukkan kriteria layak sedangkan praktisi juga menunjukkan kevalidan 86%. Pada tingkat keterterapan produk yang didapatkan dari angket guru mendapatkan 90% pada modul siswa dan 94% pada pedoman guru dengan kategori sangat baik pada produk. Tingkat kemenarikan berasal dari angket siswa menunjukkan persentase 89% dengan kategori sangat menarik digunakan siswa. Hasil dari pengembangan produk dapat disimpulkan bahwa produk yang terdiri dari modul siswa dan pedoman guru yang dikembangakan dapat dilakukan diseminasi lebih luas. Saran bagi penelitian selanjutnya yakni (1) modul pengembangan selanjutnya dapat mengambil empat keterampilan menulis lainnya atau dikembangkan untuk keterampilan menulis yang lain (2) pengembangan selanjutnya dapat menambahkan nilai karakter yang lain namun disesuaikan dengan grand design yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62882

Actions (login required)

View Item View Item