Mukhlishina, Innany (2015) Pengembangan modul pembelajaran membaca pemahaman teks cerita petualangan untuk siswa kelas IV SDN Klojen Malang / Innany Mukhlishina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mukhlishina Innany. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Cerita Petualangan untuk Siswa Kelas IV SDN Klojen Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd (II) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. Kata kunci Modul Membaca Pemahaman Teks Cerita Petualangan SD Pembelajaran membaca pemahaman prosa anak berupa teks cerita petualangan merupakan materi yang harus diajarkan pada siswa kelas IV SD. Studi pendahuluan tentang pembelajaran membaca pemahaman teks cerita petualangan telah dilakukan pada kelas IV SDN Klojen Malang. Hasil observasi wawancara dan kajian buku menunjukkan bahwa pembelajaran membaca teks cerita petualangan belum efektif. Siswa kesulitan dalam memahami isi bacaan dan pertanyaan yang terdapat dalam buku. Hasil belajar siswa rendah. Hal itu karena minat baca siswa rendah buku yang digunakan sebatas buku siswa dan LKS dan cerita petualangan yang terdapat di buku teks yang digunakan dalam pembelajaran belum sesuai dengan karakteristik teks cerita petualangan. Guru membutuhkan bahan ajar sebagai pendamping buku siswa dan LKS. Bahan ajar tersebut diharapkan dapat menarik minat baca siswa dan melatih keterampilan membaca pemahaman teks cerita petualangan tanpa dibatasi waktu belajar di kelas. Oleh karena itu peneliti mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran membaca pemahaman teks cerita petualangan. Keterbatasan waktu dan ruang dapat diatasi dengan penggunaan modul. Modul dapat digunakan siswa untuk belajar mandiri dan memahami setiap teks yang disajikan. Modul memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari materi pembelajaran secara tuntas karena materi dikemas ke dalam kesatuan yang utuh. Modul dapat membuat siswa termotivasi untuk belajar. Penelitian berjudul Pengembangan Modul Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Cerita Petualangan untuk Siswa Kelas IV SDN Klojen Malang diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran untuk melatih keterampilan membaca pemahaman teks cerita petualangan dan meningkatkan minat siswa dalam membaca sehingga hasil belajar siswa kelas IV SDN Klojen Malang akan meningkat. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul pembelajaran membaca pemahaman teks cerita petualangan untuk siswa kelas IV SDN Klojen Malang (2) menghasilkan panduan guru dalam menggunakan modul pembelajaran membaca pemahaman teks cerita petualangan untuk siswa kelas IV SDN Klojen Malang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model pengembangan Research and Development (R D) dari Borg Gall yang sudah dimodifikasi sehingga ada beberapa perubahan yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) validasi produk (5) revisi 1 (6) uji coba produk (7) revisi 2 dan (8) produk akhir. Hasil validasi ahli pembelajaran prosa fiksi diperoleh persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil validasi ahli apresiasi prosa fiksi diperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan paparan data kevalidan modul ditinjau dari pembelajaran prosa fiksi dan apresiasi prosa fiksi didapatkan rekapitulasi validasi total sebesar 96% dengan kriteria sangat valid. Data keterterapan modul diperoleh dari angket respon guru dan angket respon siswa. Berdasarkan perhitungan data angket respon guru diperoleh persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan perhitungan data angket respon siswa diperoleh persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan paparan data keterterapan produk ditinjau dari respon guru dan respon siswa didapatkan rekapitulasi total sebesar 91% dengan kriteria sangat baik. Data keefektifan diperoleh dari hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan perhitungan data hasil belajar siswa lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70 sehingga modul dikatakan efektif. Berdasarkan perhitungan rata-rata aktivitas belajar siswa diperoleh persentase sebesar 90%. Sesuai dengan perhitungan tersebut maka rata-rata aktivitas belajar siswa sangat aktif. Modul dikatakan efektif karena aktivitas siswa selama pembelajaran pada saat uji coba lapangan memperoleh kriteria sangat aktif. Data kemenarikan diperoleh dari angket respon siswa. Berdasarkan perhitungan data angket respon siswa diperoleh persentase sebesar 92% dengan kriteria menarik. Berdasarkan hasil di atas modul pembelajaran membaca pemahaman teks cerita petualangan telah sangat valid sangat baik efektif dan menarik digunakan dalam pembelajaran di kelas IV sekolah dasar. Penggunaan modul pembelajaran membaca pemahaman teks cerita petualangan dapat mengenalkan anak pada teks narasi tokoh tempat amanat dan rangkaian peristiwa. Teks cerita petualangan yang digunakan merupakan teks cerita petualangan yang berisi tentang petualangan di daerah-daerah Indonesia sehingga siswa mengetahui lingkungan sumber daya alam dan budaya yang terdapat pada daerah tersebut. Saran pengembangan produk lebih lanjut hendaknya (1) modul pembelajaran membaca pemahaman teks cerita petualangan dikembangkan lebih lanjut dengan melengkapi kegiatan pembelajaran berbasis tematik sehingga modul ini semakin sempurna untuk digunakan pada kurikulum 2013 (2) dikembangkan modul pembelajaran membaca pemahaman teks cerita petualangan dalam bentuk CD interaktif sehingga semakin menarik digunakan siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62879 |
Actions (login required)
View Item |