Pengembangan asesmen autentik pembelajaran tematik kelas IV semester 2 SDN Mergosono 3 Kota Malang / Dyah Ayu Ishlahiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan asesmen autentik pembelajaran tematik kelas IV semester 2 SDN Mergosono 3 Kota Malang / Dyah Ayu Ishlahiyah

Ishlahiyah, Dyah Ayu (2015) Pengembangan asesmen autentik pembelajaran tematik kelas IV semester 2 SDN Mergosono 3 Kota Malang / Dyah Ayu Ishlahiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ishlahiyah Dyah Ayu. 2015. Pengembangan Asesmen Autentik Pembelajaran Tematik Kelas IV Semester 2 SDN Mergosono 3 Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd. (II) Dr. Titik Harsiati M.Pd. Kata kunci Asesmen Asesmen Autentik Pembelajaran Tematik. Salah satu penekanan dalam kurikulum 2013 yang merupakan bagian dari standar penilaian yaitu asesmen autentik (authentic assessment).Asesmen autentikmengukur secara signifikan atas hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap keterampilan dan pengetahuan.Hasil analisis buku guru pada studi pendahuluan menunjukkan bahwa rubrik penilaian sudah tersedia di buku guru akan tetapi rubrik yang ada pada buku guru 66 7% masih berupa daftar periksa dengan pencapaian ya/tidak atau terlihat/tidak terlihat tanpa ada rentangan skor. Hasil wawancara kepada guru kelas IV SDN Mergosono 3 Kota Malang menunjukkan bahwa guru masih mengalami kesulitan dalam membuat kisi-kisi penilaian dan instrumen penilaian tematik.Dari 38 siswa kelas IV 71 43% siswa menyatakan bahwa mereka menyukai penilaian yang bisa membuat mereka merasa senang 19 05% siswa menyukai penilaian dengan bermain 4 76% siswa menyukai penilaian dengan diberikan tugas membuat prakarya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian pengembangan ini adalah (1) menghasilkan perangkat asesmen autentik pembelajaran tematik kelas IV semester 2 tema cita-citaku (2) melakukan uji validitas reliabilitas dan kepraktisan terhadap perangkat asesmen autentik pembelajaran tematik kelas IV semester 2 tema cita-citaku melalui uji coba ahli telaah guru dan tanggapan siswa. Spesifikasi produk yang dihasilkan yaitu instrumen asesmen autentik pembelajaran tematik dilengkapi dengan pedoman instrumen asesmen autentik pada kelas IV semester 2 tema cita-citaku. Instrumen dan pedoman asesmen autentik yang dikembangkan yaitu pedoman dan instrumen asesmen autentik subtema 1 subtema 2 subtema 3 dan proyek kelas akhir tema cita-citaku. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model asesmen autentik O Malley Pierce. Subyek coba dalam penelitian ini adalah ahli evaluasi pembelajaran ahli isi/materi guru kelas IV guru kelas VI sebagai korektor 2 dan siswa kelas IV SDN Mergosono 3 Kota Malang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis deskriptif kualitatif diperoleh dengan menganalisis data berupa catatan tanggapan dan saran berdasarkan hasil penilaian dari lembar validasi dan angket. Teknik analisis data kuantitatif berupa analisis data kevalidan reliabilitas serta kepraktisan. Hasil uji coba ahli evaluasi pembelajaran skor produk yang dicapai yaitu 97 5% dan ahli isi/materi skor produk yang dicapai yaitu 91 7%. Hasil keseluruhan uji coba ahli yaitu 92 1% dengan kriteria sangat valid. Hasil reliabilitas ditafsirkan reliabel dengan rincian hasil reliabilitas subtema 1 yaitu 0 777 subtema 2 yaitu 0 717 subtema 3 yaitu 0 765 dan proyek kelas yaitu 0 719. Hasil kepraktisan guru menunjukkan hasil 88%masuk kriteria sangat praktis. Hasil kepraktisan siswa menunjukkan hasil 96% masuk kriteria sangat praktis.Kesimpulan produk pengembangan pedoman dan instrumen asesmen autentik dapat diterapkan. Pemanfaatan pedoman dan instrumen asesmen autentik yang disarankan (1) membaca dan memahami pedoman asesmen autentik terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan asesmen menggunakan instrumen asesmen autentik (2)alokasi waktu diperhatikan agar tujuan dan sasaran asesmen dapat tercapai (3) memberi perhatian lebih agar permainan siswa tidak keluar dari aturan yang telah ditetapkan (4) aturan permainan dijelaskan secara detail kepada siswa sebelum kegiatan asesmen menggunakan permainan dilaksanakan dan (5) penempatan karya siswa pada saat kegiatan pameran buku cita-cita yang telah dibuat siswa lebih diatur dan ditata dengan menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62878

Actions (login required)

View Item View Item