Pemanfaatan situs Candi Kidal sebagai sumber belajar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VII A SMP Islam Al Hikmah Tajinan / Tulastiasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan situs Candi Kidal sebagai sumber belajar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VII A SMP Islam Al Hikmah Tajinan / Tulastiasih

Tulastriasih (2015) Pemanfaatan situs Candi Kidal sebagai sumber belajar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VII A SMP Islam Al Hikmah Tajinan / Tulastiasih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tulastriasih 2013.PemanfaatansitusCandiKidalsebagaiSumberBelajaruntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajar IPS SiswaKelas VII A SMP Islam Al HikmahTajinan.Tesis. JurusanPendidikanDasarKonsentrasiIlmuPengetahuanSosial PascasarjanaUniversitasNegri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hariyono M. Pd. (2) Prof. Dr. I NyomanSudanaDegeng M. Pd. Kata Kunci kunjungansitus sumberbelajar aktivitas hasilbelajar pembelajaran IPS. Selamaini situssejarahjarangdimanfaatkan.sebagaisumberbelajar. Hal inijugaterjadipadasitusCandiKidal yang terletak di DesaTegalrejo KecamatanTumpang Kabupaten Malang. Candiinijarangdimanfaatkansebagaisumberbelajarbagisekolah-sekolah yang berada di sekitarnya. PadahalsitusbersejarahmerupakancontohnyatabagisiswauntukbisabelajardalamdanmengenalkarakterbudayaBangsa Indonesia secaralangsungselainsumberbelajarbukuteks apalagipembelajarantemaMasa Hindu-Buddha selaluadadisetiapkurikulumpembelajaran IPS SMP. PenelitianinibertujuanmemanfaatkansitusCandiKidalsebagaisumberbelajaruntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajar IPS di kelas VII A SMP Islam Al HikmahTajinan. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah (1) apakahpemanfaatansitusCandiKidalsebagaisumberbelajardapatmeningkatkanaktivitassiswa (2) apakahpemanfaatansitusCandiKidalsebagaisumberbelajardapatmeningkatkanhasilbelajar IPS.PenelitianinimenggunakanmetodePenelitiankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelasdengansubyeksiswa-siswikelas VII ASMP Islam Al HikmahTajinan. Rancanganpenelitianmeliputi 4 tahapyaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaantindakan (3) Refleksi (4) Evaluasi.Pelaksanaantindakankelasinimenggunakan 2 siklusmasing-masing 3 pertemuan. Pertemuan 1 dan 2 siswauntukmempelajaritemaMasa Hindu-Buddha melaluimateridandiskusikelompok di kelassedangkanpertemuan ke-3 dilakukandenganmelakukankunjungansituskeCandiKidal. MelaluiPenelitianTindakanKelassiswadiajakuntukmelakukanpengamatanlangsungdanmenggaliinformasikepadamasyarakatsekitarsitussecaraberkelompok. Hasilpenelitianmenunjukkanpeningkatanaktivitasdalambelajar yang ditandaidenganmeningkatnyakegiatan(1) mendengarkanataumemperhatikanpenjelasan guru (2) mengajukanpertanyaan (3) menjawabpertanyaan (4) mengidentifikasi (5) menjawabpertanyaansecaraberkelompok (6) mempresentasikanjawabankelompok (7) menyimpulkan.Hal itudapatditunjukkandalampelaksanaanaktivitassiswayang meningkattiapsiklus. Padasiklus I rata-rata prosentaseaktivitassiswamencapai 77 55% dengankriteriabaik. Padasiklus II mengalamipeningkatandengan rata-rata mencapai 97 95%dengankriteriasangatbaik. Dari angketresponsiswa siswasangatpositifdengan model pembelajaran yang memanfaatkansitusCandiKidalsebagaisumberbelajarkarenasiswamerasasenangdanterdoronguntuklebihmudahmenguasaimateriIlmuPengetahuanSosialmateriMasa Hindu Buddha.Denganadanyasikappositiftersebutmakaterbuktidapatmeningkatkanhasilbelajar. Hasilanalisispost test 1 danpost test 2 disetiapakhirsiklusmenunjukkanpeningkatanhasilbelajar yang signifikan. Rata-rata dariskortessiswasebelumpemanfaatansitusCandiKidalsebagaisumberbelajaradalah 74 48 setelahkunjungansitussiklus 1 mencapai 75 59 danpadakunjungansitussiklus 2 mencapai 79 76. Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukantersebut makapenelitimenyarankan 1)Hendaknya guru matapelajaran IPS menggunakanmetodepembelajarankunjungansitus yang memanfaatkansitusCandiKidalpadamateritemaMasa Hindu Buddha sertamelakukanperencanaan yang matang agar dapatmengelolakelasdanwaktudenganbaikuntukhasillebihmaksimal.2 )agar terjadikerjasama yang baikantarsiswadalamkelompok yang mendukungaktivitassiswadanhasilbelajarsiswaperluadanyapenggabungandenganmetodepembelajaranyang lain yang bersifatkooperatif. 3)Hendaknyapihaksekolahagar memberikanfasilitasdandukungankepada guru untukmelaksanakanmetodekunjungansitus demi peningkatandanpengembanganpembelajaran di sekolah yang lebihvariatif khususnyakeCandiKidalpadamatapelajaran IPS. 4)Bagipenelitiselanjutnyadisarankan agarmelakukanpenelitiankunjungansitusmenggabungkandenganmetodepembelajaran lain agar lebihmenarikdanmenyenangkanserta. hasilpenelitianininantinyadapatdijadikanreferensiuntukpenelitiansejenis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62876

Actions (login required)

View Item View Item