Pengembangan bahan ajar ketrampilan berbicara bahasa indonesia berbasis konstektual untuk kelas V sekolah dasar / Lilys Karsiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar ketrampilan berbicara bahasa indonesia berbasis konstektual untuk kelas V sekolah dasar / Lilys Karsiati

Karsiati, Lilys (2015) Pengembangan bahan ajar ketrampilan berbicara bahasa indonesia berbasis konstektual untuk kelas V sekolah dasar / Lilys Karsiati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karsiati Lilys. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Berbasis Kontekstual pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Hj. Utami Widiati M.Pd Ph.D (II) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd Kata Kunci bahan ajar bahasa indonesia keterampilan berbicara Rendahnya keterampilan berbicara siswa menjadi permasalahan yang harus segera dipecahkan oleh guru pada Matapelajaran Bahasa Indonesia khususnya di tingkat Sekolah Dasar. Hal ini dikarenakan keterampilan berbicara merupakan salah satu soft sklill yang mampu menunjang kehidupan siswa dimasa akan datang. Beberapa penyebab yang membuat kemampuan berbicara siswa menjadi rendah adalah sumber belajar yang tidak proporsional materi dalam bahan ajar yang dipakai kurang kontekstual dan metode pembelajaran yang cenderung konservatif. Salah satu upaya yang dapat di dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara Bahasa Indonesia berbasis kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan bahan ajar keterampilan berbicara Bahasa Indonesia berbasis kontekstual pada siswa kelas V Sekolah Dasar serta mendiskripsikan tentang rancangan produk awal produk akhir bahan hasil uji produk revisi dan hasil uji validasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model pengembangan Research and Development (R D) yang merujuk pada model Borg dan Gall. Yang terdiri dari collecting planning develop preliminary form of product preliminary field testing main product revition. Uji coba produk dalam penelitian dilakukan setelah produk divalidasi oleh ahli materi (isi) ahli bahasa dan ahli media. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang diperoleh dari wawancara angket dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan 1) hasil validasi ahli materi diperoleh nilai kevalidan mencapai 90 83% dan masuk dalam kriteria valid atau layak 2) hasil validasi ahli media diperoleh nilai kevali dan mencapai 96 88% dan masuk dalam kriteria valid atau layak 3) hasil validasi ahli bahasa diperoleh nilai kevalidan mencapai 88 75% dan masuk dalam kriteria valid atau layak 4) berdasarkan hasil uji coba pada kelompok kecil diperoleh nilai kevalidan mencapai 94 17% dan masuk dalam kriteria valid dan layak digunakan untuk pembelajaran di kelas 5) berdasarkan hasil uji coba kelompok besar diperoleh nilai kevalidan mencapai 93 75% hal dan masuk dalam kriteria valid dan layak digunakan untuk pembelajaran di kelas 6) tanggapan praktisi diperoleh nilai 95 00% dan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62874

Actions (login required)

View Item View Item