Penerapan metode investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman wacana narasi siswa kelas V SDN Tunjungsekar 2 Kota Malang / Iri Karunia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman wacana narasi siswa kelas V SDN Tunjungsekar 2 Kota Malang / Iri Karunia

Karunia, Iri (2015) Penerapan metode investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman wacana narasi siswa kelas V SDN Tunjungsekar 2 Kota Malang / Iri Karunia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karunia Iri. 2015. Penerapan Metode Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Wacana Narasi Siswa Kelas V SDN Tunjungsekar 2 Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd dan (II) Prof. Hj. Utami Widiati M.A. Ph.D. Kata kunci penerapan metode investigasi kelompok peningkatan kemampuan membaca pemahaman wacana narasi Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas V SDN Tunjungsekar 2 Kota Malang ditemukan kondisi bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran di kelas masih didominasi guru sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Kurangnya penggunaan metode yang melibatkan siswa sebagai strategi pembelajaran dianggap sebagai salah satu penyebab rendahnya kemampuan membaca pemahaman. Permasalahan ini diatasi dengan memberikan kesempatan siswa untuk menginvestigasi sendiri kemampuan membaca pemahamannya melalui metode investigasi kelompok (MIK). Tujuan penelitian ini yatu mendeskripsikan penerapan MIK yang dapat meningkatkan kemampuan mmbaca pemahaman pada wacana narasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi beberapa tahapan yakni perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. PTK dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dan satu kali pertemuan tes akhir siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tunjungsekar 2 Kota Malang dengan subjek penelitian 30 siswa kelas V tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MIK dapat meningkatkan proses dan hasil kemampuan membaca pemahaman wacana narasi siswa SDN Tunjungsekar 2 Kota Malang. Aktivitas siswa pada siklus I dengan kriteria baik dengan persentase 73.57%. Berdasarkan persentase hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa siswa antusias dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran MIK dibanding sebelum dberikan tindakan. Sedangkan pada siklus II aktivitas siswa meningkat dengan kriteria sangat baik dengan persentase 88.63%. Prestasi atau hasil kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I dengan kriteria baik dengan persentase 67.74% atau 21 orang mengalami tuntas belajar sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 90% atau 27 orang tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan ada peningkatan baik proses maupun hasil kemampuan membaca pemahaman dengan menerapkan MIK melalui enam tahap pembelajaran yaitu (1) mengorganisasikan kelompok dan mengidentifikasikan topik (2) merencanakan kelompok (3) melaksanakan investigasi (4) menganalisis hasil serta mempersiapkan laporan (5) menyajikan laporan dan (6) evaluasi. Tahap-tahap pembelajaran dengan MIK teraplikasi pada tahapan-tahapan membaca yaitu 1) tahap prabaca 2) tahap saat baca dan 3) tahap pascabaca

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62872

Actions (login required)

View Item View Item