Penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajara IPS siswa kelas IV SDN Parjuk Taliwang / Jumiati Aryaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajara IPS siswa kelas IV SDN Parjuk Taliwang / Jumiati Aryaningsih

Aryaningsih, Jumiati (2015) Penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajara IPS siswa kelas IV SDN Parjuk Taliwang / Jumiati Aryaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aryaningsih Jumiati. 2015. Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Parjuk Taliwang. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd. (II) Prof. Dr. Sumarmi M. Pd Kata kunci Media audiovisual Motivasi Hasil Belajar Pembelajaran IPS di SDN Parjuk Taliwang masih didominasi oleh metode ceramah. Siswa cenderung hanya mendengarkan dan menerima penjelasan dari guru tanpa diberi kesempatan untuk bertanya dan mengutarakan pendapatnya secara lebih luas dan terbuka. Selain itu guru juga tidak menggunakan media dalam pembelajarannya sehingga siswa merasa bosan dan tidak termotivasi. Media yang diyakini dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa adalah media audiovisual. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan media audiovisual dan apakah pengguanaan media audiovisual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Parjuk Taliwang Adapuntujuandaripenelitianiniyaitu (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media audiovisualpada siswa kelas IV (2) untuk mendeskripsikanpeningkatan motivasi siswasetelahpembelajaranIPS dengan menggunakan media audiovisual dan(3) untukmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajar IPS siswakelas IV setelahditerapkannyapembelajaran menggunakan media audiovisual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan setiap siklus terdiri atas 4 kali pertemuan selama 2 jam pelajaran. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Parjuk yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa motivasi dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa data keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media audiovisual diukur menggunakan lembar observasi yang diisi oleh 2 orang observer motivasi belajar dikur menggunakan angket berdasarka jumlah kriteria motivasi sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan selisi hasil tes awal dan hasil tes akhir pada masing-masing siklus serta daya serap secara klasikal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes angket motivasi dan lembar observasi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunaan media audiovisual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Parjuk Taliwang pada materi kegiatan ekonomi. Pada siklus I siswa dengan motivasi tinggi 40% motivasi sedang 32% dan motivasi rendah 28% sedangkan pada siklus II siswa dengan motivasi tinggi 76% motivasi sedang 20% dan motivasi rendah 4%.Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar siswa. Jika pada studi awal ketuntasan belajar klasikal hanya mencapai 32% maka pada silkus I meningkat menjadi 52% dan pada siklus II ketuntasan belajar klasilkal mencapai 80%. Melihat keberhasilan dari penelitian ini maka sebaiknya guru untuk selalu menggunakan media yang tepat agar pembelajaran lebih bermakna dan kemampuan dalam mengelola kelas lebih meningkat.Untukitusebagaiseorang guru disampingmenguasaimateri jugadiharapkandapatmenetapkandanmelaksanakanpenyajianmateri yang sesuaikemampuandankesiapananak sehinggamenghasilkanpenguasaanmateri yang optimal bagisiswa.Olehkarenaitu dalammengajarkansuatumateritertentuguru harusmemilihcaradan media yang paling sesuaidengantujuan yang akandicapai. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62871

Actions (login required)

View Item View Item