Setiyowati, Reni Dwi Atmi (2015) Pengembangan buku pengayaan "Potensi Desa Toyomarto Sebagai Sumber Belajar IPS" (studi di SMP Islam Almaarif 02 Singosari kelas VII) / Reni Dwi Atmi Setiyowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setiyowati Reni Dwi Atmi. 2015. Pengembangan Buku Pengayaan Potensi Desa Toyomarto Sebagai Sumber Belajar IPS (Studi di SMP Islam Almaarif 02 Singosari Kelas VII). Tesis Program Studi Dikdas IPS Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (II) Dra. Siti Malikah Towaf M.A. Ph. D Kata kunci buku pengayaan lingkungan sekitar potensi Desa Toyomarto sumber belajar IPS SMP. Lokasi SMP Islam Almaarif 02 Singosari adalah di Desa Toyomarto yang letaknya sangat strategis yaitu di lereng Gunung Arjuna serta memiliki beberapa potensi yang menurut peneliti bisa untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS yang bermakna di SMP Islam Almaarif 02 Singosari. Peneliti telah melakukan penelitian yaitu mengkaitkan lingkungan sekitarnya dalam bentuk potensi Desa Toyomarto untuk digunakan sebagai salah satu rujukan sumber belajar terutama pembelajaran IPS di SMP Islam Almaarif 02 Singosari dengan mengembangkan buku pengayaan yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan dari penelitian dan pengembangan buku pengayaan ini untuk mengembangkan naskah buku pengayaan Potensi Desa Toyomarto Sebagai Sumber Belajar IPS yang mengangkat pemanfaatan potensi Desa Toyomarto yang berada di lingkungan sekitar sekolah untuk menambah wawasan peserta didik terutama dalam mata pelajaran IPS. Disamping itu untuk mengetahui sejauh mana kualitas buku pengayaan Potensi Desa Toyomarto Sebagai Sumber Belajar IPS berdasarkan penilaian dari dosen ahli guru IPS dan peserta didik. Buku pengayaan ini perlu dikembangkan karena alasan yaitu (1) potensi-potensi Desa Toyomarto merupakan kekayaan daerah yang bisa bisa digali sehingga keberadaannya dapat dijadikan sumber belajar sesuai dengan yang tercantum dalam SK dan KD dalam mata pelajaran IPS (2) belum adanya buku pengayaan yang mengangkat tentang potensi lokal suatu daerah (3) sekolah yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis pemecahan masalah keberadaan buku pengayaan ini memungkinkan untuk dijadikan referensi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R D) metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah berupa buku pengayaan Potensi Desa Toyomarto Sebagai Sumber Belajar IPS . Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini menggunakan model dari Borg Gall yang dimodifikasi oleh peneliti dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) penelitan dan pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan format produk awal (4) uji coba awal (5) revisi produk (6) uji coba lapangan secara terbatas. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah kevalidan buku pengayaan Potensi Desa Toyomarto Sebagai Sumber Belajar IPS untuk materi sebesar 94% dengan masukan dan komentar sangat valid. Kevalidan grafika mencapai 91% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan dari aspek kebahasaan mencapai 90% dengan kriteria sangat valid. Jadi kesimpulan umum untuk penilaian dan tanggapan yang diberikan oleh ahli materi ahli grafika dan ahli bahasa bahwa buku pengayaan Potensi Desa Toyomarto Sebagai Sumber Belajar IPS adalah Sangat Valid dan Layak digunakan. Saran pemanfaatan buku pengayaan yang telah dikembangkan ini bisa dimanfaatkan secara terbatas dan meluas di jenjang SMP dalam kegiatan pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana kelebihan dan kekurangan dari buku pengayaan ini. Buku pengayaan Potensi Desa Toyomarto Sebagai Sumber Belajar IPS yang telah dikembangkan ini bisa dilanjutkan pada tahap uji coba lapangan dan bisa menjadi referensi dalam pembelajaran IPS apabila telah diujicobakan kepada para pengguna yaitu guru sebagi pendidik dan peserta didik secara terbatas ataupun secara meluas. Setelah diujicobakan dan dipandang layak maka buku pengayaan ini dapat disebarluaskan ataupun diperbanyak baik kepada guru maupun peserta didik melalui jurnal maupun dalam bentuk media cetak (buku) yang diterbitkan oleh penerbit. Di dalam penelitian dan pengembangan buku pengayaan Potensi Desa Toyomarto Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ini hanya sampai pada tahap ujicoba terbatas pada guru dan siswa berupa respon atau tanggapan. Penelitian pengembangan buku pengayaan ini perlu dilanjutkan sampai tahap uji coba kepada guru dan siswa untuk mengetahui keefektifan dari penggunaan buku pengayaan ini. Perlu adanya penyempurnaan produk sehingga dapat diperoleh kualitas produk yang lebih baik dan layak untuk digunakan guru sebagai pendidik dan peserta didik. Selain itu dapat dilakukan proses pengembangan selanjutnya yang lebih dalam lagi terkait dengan pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62869 |
Actions (login required)
View Item |