Pengembangan buku guru dan buku siswa berbasis multiple inteligences, joyfull learning dan keunggulan lokal pada kelas IV tema Daerah Tempat Tinggalku / Febrianti Yuli Satriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku guru dan buku siswa berbasis multiple inteligences, joyfull learning dan keunggulan lokal pada kelas IV tema Daerah Tempat Tinggalku / Febrianti Yuli Satriyani

Satriyani, Febrianti Yuli (2015) Pengembangan buku guru dan buku siswa berbasis multiple inteligences, joyfull learning dan keunggulan lokal pada kelas IV tema Daerah Tempat Tinggalku / Febrianti Yuli Satriyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Satriyani Febrianti Yuli 2015. Pengembangan Buku Guru dan Buku Siswa BerbasisMultiple Intelligences Joyfull Learningdan Keunggulan Lokal PadaKelas IV Tema Daerah Tempat Tinggalku. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II) Dr. Titik Harsiati M.Pd. Kata Kunci Buku guru Buku siswa Multiple Intelligences Joyfull Learning Keunggulan Lokal Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di tiga sekolah ditemukan beberapa kendala pada proses pembelajaran antara lain (1) guru belum membuat perangkat pembelajaran (silabus modifikasi dan RPP) (2) pembelajaran terpusat pada guru dan siswa sebagai penerima pasif (3) pembelajaran tematik yang terlaksana masih terkotak-kotak pada masing-masing mata pelajaran (4) materi yang tersaji dalam buku terbitan pemerintah kurang sesuai dengan perkembangan kognitif siswa khususnya pada kelas IV tema 8 (daerah tempat tinggalku).Materi yang dibahas dalam buku 70% tentang daerah-daerah yang jauh dengan lingkungan tempat tinggal siswa (Papua Bali Sumatera dan Jakarta).Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan buku guru dan buku siswa berbasis multiple intelligences joyfull learning dan keunggulan lokal pada tema daerah tempat tinggalku yang (1) valid secara teoretik (2) memiliki tingkat keterlaksanaan dan kemanfaatan yang tinggi serta (3) efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan penyederhanaan dari Borg Gall yang meliputi (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) desain produk (4) validasi produk (5) uji coba produk dan (6) produk akhir. Pada tahap perencanaa dan uji coba produk agar lebih jelas peneliti menggunakan beberapa langkah yang dimodifikasi dari Dick Carey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku guru dan buku siswa yang dikembangkan memilikinilai yang sangat valid dengan persentase ketercapaian 92 5% memiliki tingkat keterlaksanaan yang sangat baik denganpersentase ketercapaian 88% sangat bermanfaat dengan persentase ketercapaiam 91% dan sangat efektif dengan persentaseketercapaian 91% untuk mencapai tujuan pembelajaran pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV MIT Ar-Roihan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Dari hasil uji coba yang dilaksanakan maka disarankan bagi guru untuk menggunakan buku guru dan buku siswa berbasis MI JL dan KL sebagai salah sumber belajar karena terbukti sangat valid secara teoretik memiliki nilai keterlaksanaan kemanfaatan dan keefektifan yang sangat tinggi dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62868

Actions (login required)

View Item View Item