Pengembangan bahan ajar IPA berbasis socioscientific issues topik interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa / Susan Dyah Andalusi

Andalusi, Susan Dyah (2015) Pengembangan bahan ajar IPA berbasis socioscientific issues topik interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa / Susan Dyah Andalusi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andalusi, Susan Dyah. 2015. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Socioscientific Issues Topik Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D. (2) Dr. Lia Yuliati, M.Pd. Kata Kunci: socioscientific issues, pembelajaran IPA, keterampilan berpikir kritis Kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan dengan beberapa cara, salah satunya dengan pembelajaran berbasis socioscientific issues. Pembelajaran berbasis socioscientific issues dapat meningkatkan pemahaman konseptual dan kemampuan bernalar siswa. Bahan ajar yang tersedia belum ada yang berbasis isu. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar IPA berbasis socioscientific issues pada Topik Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP kelas 7 dan mengetahui tingkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP kelas 7 melalui penggunaan bahan ajar IPA yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D meliputi define, design, develop, disseminate. Bahan ajar yang dikembangkan terdiri dari buku siswa dan buku guru. Draf bahan ajar divalidasi oleh ahli materi untuk mengukur tingkat kelayakannya. Produk pengembangan berbentuk bahan ajar cetak. Validasi yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi 3 tahap yaitu validasi isi (dua dosen) menggunakan instrumen dari BSNP yang disesuaikan dengan materi pengembangan dan validasi keterbacaan (dua guru IPA dan 20 orang siswa SMP kelas 8), uji coba awal terbatas (30 orang siswa SMP kelas 7), dan uji coba lapangan (siswa SMP kelas 7 sebanyak satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol). Pada uji coba lapangan menggunakan desain penelitian posttest-only control group design. Data hasil belajar diukur dengan soal yang dikembangkan oleh peneliti dengan nilai reliabilitas 0,90. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan uji-t, sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil pengembangan berupa buku siswa dan buku guru yang dilengkapi dengan fitur-fitur menarik. Fitur-fitur yang terdapat dalam buku siswa meliputi ÔÇ£Ayo Kita PelajariÔÇØ, ÔÇ£Socioscientific IssuesÔÇØ, ÔÇ£Ayo Ajukan PertanyaanÔÇØ, ÔÇ£Ayo Berpikir KritisÔÇØ, ÔÇ£Istilah PentingÔÇØ, ÔÇ£Uraian MateriÔÇØ, ÔÇ£Tahukah KamuÔÇØ, ÔÇ£Ayo Kita DiskusikanÔÇØ, ÔÇ£Ayo Kita PikirkanÔÇØ, ÔÇ£Ayo Kita CobaÔÇØ, ÔÇ£Ingat KembaliÔÇØ, ÔÇ£RefleksiÔÇØ, dan ÔÇ£Uji KompetensiÔÇØ. Fitur-fitur yang terdapat dalam buku guru meliputi ÔÇ£Pengantar Bahan Ajar Berbasis Socioscientific Issues (SSI)ÔÇØ, ÔÇ£Indikator Kemampuan Berpikir KritisÔÇØ, ÔÇ£KI dan KD pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan LingkunganÔÇØ, ÔÇ£Tujuan PembelajaranÔÇØ, ÔÇ£Materi Pembelajaran dan Alokasi WaktuÔÇØ, ÔÇ£Isi Buku SiswaÔÇØ, dan ÔÇ£Pedoman penskoranÔÇØ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (14,308) > ttabel (1,998) sehingga Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan rata-rata skor keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen (82,61) > kelas kontrol (73,65), artinya keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar yang efektif dan telah terbukti dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62866

Actions (login required)

View Item View Item