Keterampilan proses sains dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran IPA berorientasi outdoor learning siswa kelas VII SMP Islam Almaarif 02 Singosari / Lilik Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterampilan proses sains dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran IPA berorientasi outdoor learning siswa kelas VII SMP Islam Almaarif 02 Singosari / Lilik Kurniawati

Kurniawati, Lilik (2015) Keterampilan proses sains dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran IPA berorientasi outdoor learning siswa kelas VII SMP Islam Almaarif 02 Singosari / Lilik Kurniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Lilik. 2015. KeterampilanProsesSains dan KemampuanPemecahanMasalah pada Pembelajaran IPA BerorientasiOutdoorLearningSiswaKelas VII SMP Islam Almaarif 02 Singosari. Tesis ProgramStudiPendidikanDasarKonsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. ArifHidayat M.Si(II) Dr. LiaYuliati M Pd. Kata kunci keterampilanprosessains kemampuanpemecahanmasalah outdoorlearning. PembelajaranIPAsebaiknyatidakhanyamementingkanhasiltetapi juga prosesbelajar terutamaproseskognitif dan psikomotoriksiswadalammenguasaisuatumateri. Melaluipenerapanpembelajaran IPA berorientasioutdoorlearningdapatdikembangkanketerampilanprosessains dan kemampuanpemecahanmasalahsiswa. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanaketerampilanprosessains yang dikembangkan kemampuanpemecahanmasalah danresponsiswapada pembelajaran IPA berorientasioutdoorlearning. Penelitianinimenggunakanmixed method dengandesainembedded experimental model. Pemilihansampelmenggunakanmetodepurposive sampling yaitu24 siswakelasVII SMP Islam Almaarif 02 Singosari.Instrumen yang digunakanterdiriatas instrument perlakuanberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP) danLembarKerjaSiswa (LKS) instrument pengukuranberupalembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran lembarangketresponsiswa lembarpedomanwawancara lembarobservasiketerampilan proses sains catatanlapangan kuisdan instrument teskemampuanpemecahanmasalah. Secaraumumpenelitianinidilakukandalam 4 tahapan yaitupretest intervensipembelajaran IPA berorientasioutdoorlearning posttest danwawancarasertapemberianangket.Data dianalisissecarakualitatifdankuantitatif.Analisis data kualitatifdengancaramereduksidata pengkodean daninterpretasi data yang berkaitandenganketerampilan proses sains yang diterapkan kemampuanpemecahanmasalahdanresponsiswaterhadappembelajaran IPA. Analisis data kuantitatifhasilpretestdanposttestuntukpeningkatankemampuanpemecahanmasalahmenggunakanrumus gain yang dinormalisasi (N-gain). Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa 1) Keterampilan proses sains yang dikembangkanpadasetiaptahapanterdiridarimelakukanpengamatan merumuskanpertanyaan merumuskanhipotesis melakukaneksperimen membuat data mengelompokkandanmenganalisisdata merumuskankesimpulan mengkomunikasikan sertamengaplikasikankonsepdanmembuatprediksi nilai rata-rata tertinggisebesar 92.7terdapatpadaaspekmelakukaneksperimen 2) Kemampuanpemecahanmasalahsiswapadapembelajaran IPA berorientasioutdoor learningmengalamipeningkatan dan3) ResponsiswapadapembelajaranIPA berorientasioutdoor learningsangatpositif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62865

Actions (login required)

View Item View Item