Pengembangan instrumen penilaian keterampilan proses ilmiah untuk siswa SD kelas IV tema "Makananku Sehat dan Bergizi" / Karimatus Saidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian keterampilan proses ilmiah untuk siswa SD kelas IV tema "Makananku Sehat dan Bergizi" / Karimatus Saidah

Saidah, Karimatus (2015) Pengembangan instrumen penilaian keterampilan proses ilmiah untuk siswa SD kelas IV tema "Makananku Sehat dan Bergizi" / Karimatus Saidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saidah Karimatus. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Ilmiah Untuk Siswa Kelas IV SD Tema Makananku Sehat dan Bergizi . Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr. Siti Zubaidah M.Pd. (II) Dra. Siti Malikah Towaf M.A. Ph.D. Kata kunci penilaian keterampilan proses ilmiah. Penilaian keterampilan proses ilmiah dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan keterampilan proses ilmiah siswa sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan dalam buku guru kurikulum 2013. Instrumen penilaian keterampilan proses ilmiah dalam buku guru belum mengukur seluruh kompetensi dasar yang disajikan dalam pembelajaran. Hasil studi pendahuluan menunjukkan guru kesulitan memantau penguasaan keterampilan proses ilmiah siswa dalam melakukan penilaian guru tidak menyusun instrumen penilaian melainkan langsung memberikan nilai. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah 1) mengembangkan instrumen penilaian keterampilan proses ilmiah untuk siswa kelas IV SD 2) mengembangkan instrumen penilaian keterampilan proses ilmiah yang mengukur tujuan pembelajaran sesuai kompetensi yang dibelajarkan 3) mengembangkan prototipe instrumen penilaian keterampilan proses ilmiah 4) mengembangkan instrumen keterampilan proses ilmiah untuk diujicobakan kepada guru dan siswa kelas IV SD dan 5) menghasilkan produk akhir instrumen penilaian keterampilan proses ilmiah untuk digunakan guru dan siswa. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (analysis design development implementation evaluation). Prosedur pengembangan dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan ADDIE. Desain uji coba terdiri dari 3 kegiatan yaitu validasi ahli validasi pengguna dan uji coba. Subjek uji coba terdiri dari 30 siswa kelas IV di SDN Brenggolo 1. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif untuk mengolah data hasil wawancara observasi dan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data angket hasil validasi ahli dan pengguna. Produk yang dihasilkan berupa instrumen penilaian keterampilan proses ilmiah untuk diisi oleh guru instrumen penilaian keterampilan proses ilmiah berbasis peer assesment dan self assesment. Hasil validasi ahli menunjukkan persentase kevalidan sebesar 92 2 % hal ini menunjukkan produk sangat valid sangat tuntas dan dapat digunakan. Hasil validasi pengguna menunjukkan presentase kevalidan sebesar 93 3 %. Hal ini menunjukkan produk dapat digunakan. Hasil uji coba menunjukkan produk efektif dan dapat digunakan dengan beberapa revisi. Revisi terhadap instrumen yang dikembangkan mengarah pada perbaikan ejaan tata tulis penggunaan kosa kata dan penyesuaian pedoman penilaian dengan aturan yang berlaku. Produk yang dikembangkan memiliki beberapa keunggulan yaitu sesuai dengan fungsi utama penilaian sesuai dengan rencana belajar yang telah ditetapkan di awal membantu guru mendapatkan data yang lebih luas tentang kesulitan yang dialami siswa selama melaksanakan keterampilan dan memberikan umpan balik baik kepada guru maupun siswa. Kelemahan dari instrumen yang dikembangkan ini adalah sangat tergantung pada penerapan buku guru dan buku siswa disekolah hanya menilai kompetensi IPA sedangkan kegiatan belajar dilaksanakan secara tematik dan tidak menilai keseluruhan keterampilan proses ilmiah melainkan hanya yang ditampilkan dalam kegiatan pada buku guru dan buku siswa saja. Saran dalam memanfaatkan produk hendaknya diterapkan pada kurikulum 2013 dan diadakan workshop penggunaan instrumen bagi guru yang belum menerapkan kurikulum 2013 serta mengawasi siswa selama kegiatan peer self assesment berlangsung. Diseminasi instrumen hendaknya dilakukan dengan menyebarluaskan di sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 dalam lingkup kabupaten. Pengembangan produk lebih lanjut dapat dilakukan dengan menyusun instrumen penilaian keterampilan proses ilmiah untuk semua keterampilan sesuai dengan teori yang ada dan mengembangkan instrumen penilaian keterampilan ilmiah pada tema-tema lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62863

Actions (login required)

View Item View Item