Yusuf, Muhammad (2015) Penerapan pendidikan matematika realistik dengan media luas daerah pada perkalian pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Urek-urek 02 Gondanglegi Malang / Muhammad Yusuf. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yusuf Muhammad. 2015 Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Media Luas Daerah Pada Perkalian Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Urek-Urek 02 Gondanglegi Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Subanji M.Si (2) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. Kata Kunci PMR Media Luas Daerah Perkalian Pecahan SD. Permasalahan faktual pembelajaran matematika kompetensi dasar perkalian pecahan di SDN Urek-Urek 02 Kec. Gondanglegi Kab. Malang yaitu (1) pembelajaran matematika di kelas didominasi oleh guru (2) Praktik pembelajaran kurang menggunakan situasi kehidupan riil di lingkungan siswa (3) guru terbiasa menjelaskan cara penyelesaian perkalian pecahan dan langsung menerapkan teknik-tekhik hitung yang digunakan (4) pembelajaran perkalian pecahan belum pernah memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif menemukan sendiri. Pembelajaran perkalian pecahan dengan menggunakan PMR dengan bantuan media luas daerah dapat mengaktifkan dan memberdayakan rasa ingin tahu siswa untuk belajar secara kreatif efektif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan penerapan PMR dengan bantuan media luas daerah untuk meningkatkanhasilbelajarsiswapadapembelajaranperkalianpecahan Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang setiap siklusnya terdiri dari empat komponen yang meliputi rencana tindakan pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus pada bulan Februari 2015 di kelas VI SDN Urek-Urek 02 Gondanglegi Malang. Penerapan PMR dengan bantuan media luas daerah pada perkalian pecahan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika baik secara proses aktivitas siswa maupun produk. Secara umum penerapan PMR dengan media luas daerah pada pembelajaran perkalian pecahan dapat mengoptimalkan interaksi semua komponen dalam pembelajaran yaitu guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Peningkatan pemahaman pemecahan masalah matematika yang berkaitan dengan perkalian pecahan pada penerapan PMR dengan bantuan media luas daerah telah tampak dan ditunjukkan pada tahap pemecahan masalah kontekstual. Siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan model mereka sendiri meningkatkan pemahamannya melalui diskusi dan negoisasi antar siswa maupun interaksi siswa dengan guru. Berdasarkan hasil tes akhir pada siklus I dan II dapat disimpulkan prestasi belajar perkalian pecahan pada siswa kelas VI SDN Urek-Urek 02 Kec. Gondanglegi Kab. Malang mengalami peningkatan dinama siswa dalam mengerjakan soal dan tugas matematika sudah tampak teratur dan tertata dengan pemberian alasan yang benar. Untuk itu disarankan penerapan PMR dengan bantuan media luas daerah layak dipertimbangkan sebagai alternatif dalam pembelajran matematika pada kompetensi dasar perkalian pecahan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62862 |
Actions (login required)
View Item |