Pelaksanaan pembelajaran karakter di SD Taman Harapan Malang / Rakyan Paranimmita Sappurisa Kamanitra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran karakter di SD Taman Harapan Malang / Rakyan Paranimmita Sappurisa Kamanitra

Kamanitra, Rakyan Paranimmita Sappurisa (2015) Pelaksanaan pembelajaran karakter di SD Taman Harapan Malang / Rakyan Paranimmita Sappurisa Kamanitra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kamanitra Rakyan Paranimmita Sappurisa. 2015. Pelaksanan Pembelajaran Karakter di SD Taman Harapan Malang. Tesis Program Studi S2 Pedidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si M.Ed. Kata Kunci pelaksanaan pembelajaran karakter sekolah dasar SD Taman Harapan Malang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan karakter dan mempunyai catatan catatan prestasi akademik maupun non akademik yang baik pengembangan budaya sekolah yang disiplin dan peran serta masyarakat yang baik. Melihat kenyataan yang terjadi di lapangan dan berdasarkan hasil penelitian terdahulu maka peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pendidikan karakter dilakukan melalui (1) proses belajar mengajar di SD Taman Harapan Malang (2) pengembangan budaya (kultur) sekolah di SD Taman Harapan Malang dalam penerapan pembelajaran karakter (3) kegiatan ekstrakurikuler di SD Taman Harapan Malang dalam penerapan pembelajaran karakter (4) partisipasi masyarakat di SD Taman Harapan Malang dalam penerapan pembelajaran karakter dan (5) karakter yang tampak/berkembang pada diri siswa di SD Taman Harapan Malang sebagai dampak pelaksanaan pendidikan karakter. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data display data dan verifikasi data. Metode validasi yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dapat dilakukan melalui (1) belajar mengajar yaitu dengan menggunakan RPP berkarakter menggunakan model cooperative learning dan menggunakan media cerita dalam pembelajaran (2) budaya (kultur) sekolah dengan kegiatan keteladanan pengon-disian dan pembiasaan (3) kegiatan ekstrakurikuler yaitu bahasa Mandarin bahasa Inggris komputer pramuka bina vokalia bina musika drumband seni lukis tari dan karate (4) peran serta masyarakat yaitu masyarakat dan orang tua terlibat dalam program sekolah program kelas dan kegiatan belajar mengajar dan karakter yang dapat berhasil dikembangkan adalah sikap religius toleransi demokratis rasa ingin tahu kerja keras gemar membaca peduli lingkungan peduli sosial disiplin jujur dan mandiri cinta tanah air dan semangat kebangsaan menghargai prestasi bersahabat/komunikatif cinta damai kreatif dan tanggung jawab. Saran berdasarkan penelitian ini adalah untuk menyebarluaskan cara untuk melaksanakan pembelajaran karakter melalui pendekatan menyeluruh untuk selalu memaksimalkan pelaksanaan program yang sudah ada serta memaksimal-kan fasilitas yang mendukung pembelajaran karakter siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62861

Actions (login required)

View Item View Item