A'yun, Iffah Qurrotul (2015) Pengembangan brain based thematic learning model di kelas IV Sekolah Dasar / Iffah Qurrotul A'yun. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK A yun Iffah Qurrotul 2015. Pengembangan Brain Based Thematic Learning Model di Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M. Pd (2) Dr. Sentot Kusairi S. Pd M. Si Kata kunci Brain Based Thematic Learning Model sekolah dasar Berdasarkan studi pendahuluan di SDN Mulyorejo 1 Kota Malang ditemukan fakta bahwa pembelajaran tematik yang dipandu dengan buku guru dan buku siswa belum mampu melibatkan siswa dalam aktivitas belajar sesuai tuntutan teoretik kegiatan pembelajaran belum memadai untuk mengembangkan seluruh aspek kecerdasan siswa dan perangkat pembelajaran guru belum dapat disusun dengan baik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan (1) Brain Based Thematic Learning Model berupa sintaks model pembelajaran beserta perangkatnya yang valid efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran serta praktis dalam pembelajaran khususnya pada Sub Tema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan dan (2) menghasilkan panduan penggunaan model pembelajaran Brain Based Thematic Learning Model bagi guru. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan Brain Based Thematic Learning Model merupakan modifikasi dari model pengembangan Borg Gall. Hasil modifikasi tersebut terdiri atas 9 langkah pengembangan yaitu (1) identifikasi masalah (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) validasi ahli (5) revisi berdasarkan hasil validasi (6) uji coba awal (7) revisi berdasarkan penilaian dan masukan dari pengguna (8) uji coba skala terbatas dan (9) penyempurnaan produk akhir. Berdasarkan uji coba kelayakan produk diperoleh tingkat kevalidan Brain Based Thematic Learning Model sebesar 93 57% dengan kriteria sangat valid tingkat kepraktisan sebesar 94 95% dengan kriteria sangat praktis dan tingkat keefektifan sebesar 91 09% dengan kriteria keefektifan yaitu sangat efektif. Dari perolehan persentase tersebut dapat diketahui bahwa Brain Based Thematic Learning Model yang telah dihasilkan sangat valid secara teoretik sangat praktis dilaksanakan dalam pembelajaran dan sangat efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan Brain Based Thematic Learning Model disarankan (1) menggunakan desain eksperimen dengan kelas kontrol (2) mengembangkan sub tema lain atau disesuaikan dengan kebutuhan (3) mengembangkan pada kelas lain agar diperoleh informasi kelayakan model (4) mengembangkan CD implementasi model sehingga guru dapat memahami langkah-langkah model dengan baik (5) mengembangkan pada siswa dengan jumlah 20-25 agar kelas menjadi lebih proporsional (6) mengembangkan dengan lebih mengutamakan kualitas dari pada kuantitas materi pembelajaran sehingga alokasi waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan secara optimal (7) mengembangkan pada kelas yang menggunakan sistem mata pelajaran (8) mengembangkan dengan kriteria guru yang memahami tentang teori Multiple intelligences dan (9) mengembangkan dengan dilakukan oleh guru yang memiliki pengalaman mengajar minimal 1 tahun di kelas dengan sistem pembelajaran tematik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62860 |
Actions (login required)
View Item |