Pengembangan instrumen asesmen autentik pada kelas 4 SD di Kota Malang / Puri Selfi Cholifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen autentik pada kelas 4 SD di Kota Malang / Puri Selfi Cholifah

Cholifah, Puri Selfi (2015) Pengembangan instrumen asesmen autentik pada kelas 4 SD di Kota Malang / Puri Selfi Cholifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cholifah Puri Selfi. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik pada Kelas IV SD di Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S. (II) Dr. Eddy Sutadji M.Pd. Kata Kunci instrumen asesmen autentik validitas reliabilitas agreement kepraktisan keefektivan Perubahan yang dialami pada Kurikulum 2013 juga terjadi pada pengubahan kompetensi lulusan. Kompetensi lulusan yang diharapkan di Kurikulum 2013 lebih mengarah kepada karakter mulia dengan memiliki keterampilan yang relevan dengan konsep keterampilan abad ke-21. Salah satu titik utama dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 yaitu pelaksanaan asesmen autentik sebagai bagian dari pembelajaran tematik. Penilaian-penilaian yang telah dijabarkan di atas menjadi bagian dari penilaian autentik jika dalam pelaksanaannya diarahkan kepada dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa instrumen asesmen autentik pada kelas IV SD di Kota Malang. Produk asesmen autentik pada kelas IV SD pada tema 9 yaitu Makananku Sehat dan Bergizi yang memiliki beberapa aspek yaitu valid reliabel praktis dan efektif. Adapun spesifikasi dari buku instrumen asesmen autentik yaitu terdiri dari pedoman pelaksanaan asesmen autentik dan instrumen asesmen autentik. Pedoman ini merupakan panduan dalam pengaplikasian instrumen yang dikembangkan. Instrumen berisi rubrik bagi guru dalam melaksanakan asesmen. Model penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model prosedural mengikuti alur model R D (research and development) ADDIE dan model pengembangan asesmen milik O Malley Pierce. Subjek coba dalam penelitian ini meliputi ahli asesmen ahli bahasa dan praktisi lapangan yaitu guru dan siswa kelas IV SDN Bunulrejo 2 Malang. Dalam penelitian ini peneliti juga sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data terkait efektivitas data yang menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa hasil validasi menunjukkan tingkat validasi isi atau kesesuaian instrumen dari ahli asesmen berada pada tingkat sangat valid dengan persentase 96 67%. Hal serupa juga diberikan oleh validator dengan aspek bahasa yang tingkat kevalidan memiliki persentase 83 39% yang dinyatakan dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan data hasil pengujian statistik menggunakan korelasi Spearman diperoleh data koefisien reliabilitas inter-rater (inter-rater reliability (IRR)) hasil dari uji korelasi menggunakan Spearman dinyatakan bahwa sebanyak 56 deskriptor dari asesmen kinerja portofolio dan proyek dinyatakan reliabel dan diperoleh 2 deskriptor yang belum reliabel. Berdasarkan tinjauan derajad persamaan inter-rater (inter-rater agreement (IRA)) dari uji statistik Kappa dengan interpretasi Landis dan Koch terdapat dua rubrik kategori hampir sempurna ( 0 8) delapan rubrik kategori sesuai/ layak (0 61-0 8) dan empat rubrik yang masih dalam kategori sedang (0 41-0 6). Secara umum data kepraktisan yang mendukung yaitu diperolehnya skor rata-rata yaitu sebesar 94% dengan predikat sangat praktis dan juga data kualitatif berupa hasil wawancara yang mendukung sehingga dapat dinyatakan baik. Dalam tahap pengumpulan data tahap secara umum guru selalu melakukan pengkomunikasian petunjuk penilaian dan tahap pelaksanaan yang sesuai dengan buku asesmen. Hal tersebut mengindikasikan tingkat keefektivan pada kualitas kinerja guru dinyatakan sudah efektif. Pernyataan tersebut sejalan dengan hasil angket guru yang mencapai 93 3%. Berdasarkan data hasil revisi tahap pengembangan dan pengumpulan data diperoleh beberapa revisi untuk menyempurnakan produk baik meliputi penentuan indikator esensial rubrik dan varian tugas. Secara umum terdapat beberapa pihak yang dapat memanfaatkan instrumen asesmen autentik pada Kelas IV SD di Kota Malang. Pertama pihak guru yang dalam ini sebagai praktisi untuk dapat melakukan asesmen ranah keterampilan yang mengarah pada kompetensi abad ke-21. Kedua pihak instruktur lapangan terkait instrumen asesmen autentik untuk dapat memberikan masukan positif bagi guru terkait pelaksanaan asesmen yang benar-benar autentik. Ketiga saran diseminasi yaitu produk ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif asesmen bila dilakukan penyebarluasan produk. Saran keempat yaitu bagi peneliti lanjutan agar mampu mengembangkan hingga deskripsi penulisan rapor mengembangkan kompetensi yang lebih kompleks berkaitan dengan keterampilan abstrak dan konkret mampu mengembangkan asesmen portofolio dengan waktu pelaksanaan yang lebih lama dan mampu mengkaji deskriptor rubrik dengan lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62858

Actions (login required)

View Item View Item