Penerapan pembelajaran kooperatif tipe mix pair share dengan fan-n-pick untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (studi pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Tajinan) / Dini Ariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe mix pair share dengan fan-n-pick untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (studi pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Tajinan) / Dini Ariyanti

Ariyanti, Dini (2015) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe mix pair share dengan fan-n-pick untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (studi pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Tajinan) / Dini Ariyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariyanti Dini. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Mix Pair Share dengan Fan-N-Pick untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Studi Pada Siswa Kelas VIIIB di SMP Negeri I Tajinan). Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Kosentrasi IPS. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (2) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. Kata Kunci pembelajaran kooperatif Mix Pair Share Fan N Pick motivasi belajar hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan metode ceramah dan penugasan siswa juga masih cenderung pasif dan kurang termotivasi untuk belajar. Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS masih kurang optimal yaitu masih banyak siswa yang nilainya di bawah KKM. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut perlu diterapkan model pembelajaran yang tepat yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Mix Pair Share dan Fan-N-Pick. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Mix Pair Share dengan Fan-N-Pick pada mata pelajaran IPS di kelas VIIIB SMP Negeri I Tajinan 2) untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Mix Pair Share dengan Fan-N-Pickdapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Tajinan dan 3) untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Mix Pair Share dengan Fan-N-Pickdapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Tajinan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan (observasi) dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Tajinan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi angket tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe Mix Pair Share dengan Fan-N-Pick pada mata pelajaran IPS berjalan sangat baik. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I rata-rata prosentase keterlaksanaan kegiatan pembelajaran sebesar 73 83% dengan kriteria baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase sebesar 84 77% dengan kriteria sangat baik. 2) penerapan pembelajaran kooperatif tipe Mix Pair Share dengan Fan-N-Pick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelum tindakan motivasi belajar siswa mencapai 59 97% pada akhir siklus I motivasi belajar siswa meningkat menjadi 74 52% dan diakhir siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 82 44%. 3) penerapan pembelajaran kooperatif tipe Mix Pair Share dengan Fan-N-Pick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian sebelum tindakan sebesar 72 63 nilai rata-rata tes hasil belajar akhir siklus I mengalami peningkatan menjadi 76 32 dan nilai rata-rata tes hasil belajar siklus II juga mnegalami peningkatan menjadi 83 42. Nilai ketuntasan klasikal sebelum tindakan sebesar 57 89% pada akhir siklus I meningkat menjadi 68 42% dan akhir siklus II meningkat menjadi 89 47%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan 1) guru harus membuat persiapan yang matang untuk melaksanakan pembelajaran kooperatif tipe Mix Pair Share dengan Fan N Pick sehingga guru bisa mengelola kelas dan waktu memilih materi atau topik yang sesuai agar diperoleh hasil yang maksimal 2) bagi peneliti selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian dengan mengkolaborasikan berbagai tipe pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62857

Actions (login required)

View Item View Item