Ambarwati, Wiwin (2015) Pengembangan big-book sebagai media pembelajaran tematik terpadu di kelas II Sekolah Dasar / Wiwin Ambarwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ambarwati Wiwin. 2015. Pengembangan Big Book Sebagai Media Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas II Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Hj. Utami Widiati Ph.D (2) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd Kata kunci big-book media pembelajaran tematik terpadu Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan dalam proses pembelajaran di kelas II SDN Tumpukrenteng 01 Kecamatan Turen ditemukan permasalahan yang terjadi yaitu kesulitan menerapkan pembelajaran tematik dikarenakan guru kesulitan mencari media yang sesuai dengan pembelajaran tematik. Kegiatan pembelajaran belum melibatkan peserta didik secara aktif. Pemecahan masalah yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Big-book sebagai media pembelajaran penting dikembangkan untuk memberikan pembelajaran bermakna dan holistik serta sesuai dengan karakteristik peserta didik. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini menghasilkan Big-BookSebagai Media Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas II Sekolah Dasar. Kelayakan big-book yang dikembangkan dinilai berdasarkan tingkat kevalidan kemenarikan dan keterterapan. Pengembangan big-book ini menggunakan model Borg dan Gall (1983) yang dimodifikasi dalam tujuh langkah pengembangan yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) validasi produk (5) uji coba terbatas (6) uji coba lapangan (7) produk akhir. Merujuk pada saran Borg dan Gall maka model pengembangan dalam penelitian ini memodifikasi dalam tujuh langkah pengembangan. Peneliti tidak menggunakan langkah ke-8 langkah ke-9 dan langkah ke-10 karena pada penelitian ini big-book yang dikembangkan terdiri dari satu subtema. Produk awal yang telah disusun kemudian dilakukan uji ygtvaliditas dari ahli TEP ahli materi/isi uji kelompok kecil dan uji lapangan. Berdasarkan hasil uji tersebut big-book yang dikembangkan valid sangat menarik dan dapat diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji validasi dengan tingkat kelayakan produk dari ahli materi/isi sebesar 82 3% validasi ahli TEP sebesar 82 3% tingkat kemenarikan sebesar 90% dan tingkat keterterapan dengan prosentase skor rata-rata88 5%. Produk big-book yang dikembangkan dapat digunakan secara maksimal jika guru mempelajari panduan pembelajaran terlebih dahulu. Produk ini juga dapat dimanfaatkan untuk kalangan lebih luas dengan penyesuaian terutama pada karakteristik peserta didik sebagai pengguna. Lebih lanjut big-book dapat dikembangkan untuk produk yang sama tema yang berbeda serta big-book yang sudah dikembangkan dapat diintegrasikan dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti pengembangan multimedia interaktif dalam menunjang implementasi kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62856 |
Actions (login required)
View Item |