Kolaborasi pembelajaran kooperatif tipe quiz-quiz trade dan fan pick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi di kelas VIII SMP Negeri 3 Bati-Bati Kabupaten Tanh laut) / Muhammad Wahyu - Repositori Universitas Negeri Malang

Kolaborasi pembelajaran kooperatif tipe quiz-quiz trade dan fan pick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi di kelas VIII SMP Negeri 3 Bati-Bati Kabupaten Tanh laut) / Muhammad Wahyu

Wahyu, Muhammad (2015) Kolaborasi pembelajaran kooperatif tipe quiz-quiz trade dan fan pick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi di kelas VIII SMP Negeri 3 Bati-Bati Kabupaten Tanh laut) / Muhammad Wahyu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSRTRAK Wahyu Muhammad. 2015. Kolaborasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Quiz-Quiz Trade dan Fan N Pick untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS (Studi di Kelas VIII SMP Negeri 3 Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut). Tesis Program studi Pendidikan Dasar (Kons.IPS) Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si dan (II) Dr.Achmad Amirudin M.Pd Kata kunci Quiz-Quiz Trade Fan N Pick hasil belajar motivasi belajar Hasil Pengamatan pada waktu pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Bati-Bati diketahui bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS sangat rendah dan hasil belajar IPS rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kolaborasi model pembelajaran kooperatif tipe quiz-quiz trade dan fan n pick untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dan motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bati-bati. Kedua model ini saling mendukung satu sama lain namun tetap terpisah dan tidak menjadi suatu model yang baru. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bati-bati tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 24 siswa dan dilaksanakan dengan 2 siklus. Data yang dikumpulkan meliputi (1) hasil observasi kegiatan guru (2) hasil observasi kegiatan siswa (3) Tes hasil belajar dan (4) angket motivasi belajar siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi tipe Quiz-Quiz Trade dan Fan N Pick dapat meningkatkan hasil belajar dari siklus I ke siklus II (2) motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II (3) Adapun masalah-masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah (a) banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran pada siklus I (b) waktu yang digunakan tidak sesuai dengan yang direncanakan pada siklus I (c) kelas menjadi ramai dan gaduh. Permasalahan-permasalahan tersebut sudah bisa diatasi pada siklus II sehinggga pembelajaran bisa berjalan lancar dan sesuai dengan yang direncanakan. Saran yang diberikan adalah (1) penerapan kolaborasi model Quiz-Quiz Trade dan Fan N Pick membutuhkan pengelolaan waktu yang baik sehingga dalam pembelajaran lebih efektif karena model pembelajaran ini melibatkan siswa secara aktif. (2) Harus menguasai pengelolaan kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif Quiz-Quiz Trade dan Fan N Pick dengan baik sehingga siswa aktif dan lancar dalam pembelajaran dengan menggunakan model ini (3) lebih memperhatikan kepada kemampuan siswa dalam pengelolaan tanggung jawab pribadi sehingga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya keberhasilan yang dicapai bersama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62854

Actions (login required)

View Item View Item