Pengembangan asesmen autentik pembelajaran tematik kelas 1 sekolah dasar / Ima Wahyu Putri Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan asesmen autentik pembelajaran tematik kelas 1 sekolah dasar / Ima Wahyu Putri Utami

Utami, Ima Wahyu Putri (2015) Pengembangan asesmen autentik pembelajaran tematik kelas 1 sekolah dasar / Ima Wahyu Putri Utami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami Ima Wahyu Putri. 2015. Pengembangan Asesmen Autentik Pembelajaran Tematik Kelas I Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhardjito M. S. (2) Dr. Dedi Kuswandi M. Pd. Kata Kunci Asesmen Autentik Pembelajaran Tematik Pembelajaran tematik yang memasukkan sikap pengetahuan dan keterampilan dalam proses pembelajaran telah diterapkan di sekolah dasar. Pembelajaran merupakan inti dari suatu implementasi kurikulum sehingga asesmen harus dilakukan secara terus-menerus selama proses pembelajaran. Namun antara harapan dan yang terjadi di lapangan masih terdapat kesenjangan yaitu (1) guru kurang paham dan kurang dapat mengaplikasikan asesmen autentik (2) guru sudah menerapkan portofolio namun tidak ada tindak lanjut mengenai penilaian terhadap portofolio tersebut (3) guru kesulitan mendeskripsikan kemampuan siswa (4) guru tidak menilai performa siswa (5) asesmen yang biasa dilakukan guru pada aspek kognitif (6) belum ada buku panduan asesmen autentik yang khusus kelas I SD (7) dalam kegiatan asesmen guru tidak menyiapkan instrumen terlebih dahulu (8) panduan pada buku guru belum cukup jelas dan kurang lengkap. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengatasi masalah yang telah dipaparkan di atas yaitu menghasilkan buku asesmen autentik pada pembelajaran tematik untuk guru kelas I SD yang mempunyai tingkat kevalidan keterterapan dan keterbacaan yang tinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model O Malley Pierce. Adapun tahapan model O Malley Pierce yaitu (1) membangun tim (2) menentukan tujuan (3) menetapkan sasaran hasil (4) melakukan pengembangan staf (5) mengumpulkan contoh asesmen (6) mengembangkan asesmen (7) uji coba asesmen (8) meninjau ulang asesmen. Hasil uji validasi produk buku asesmen autentik yang dikembangkan yaitu 86% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba lapangan keterterapan produk buku asesmen autentik mencapai 95% dengan kriteria sangant valid dan keterbacaan produk mencapai 86% dengan kriteria sangat valid. Kesimpulan penelitian pengembangan ini buku asesmen autentik memiliki kelebihan antara lain (1) diawali paparan teori asesmen (2) setiap aspek pada buku asesmen autentik dilengkapi dengan teori pendukung petunjuk yang jelas rubrik cara pengolahan nilai dan penyimpulan nilai (3) dilengkapi cara pengolahan nilai yang sesuai dengan permendikbud No. 104 Tahun 2014 (4) dilengkapi dengan lembar penilaian dan penyimpulan nilai (5) dilengkapi format identitas portofolio. Saran pengembangan produk lebih lanjut diantaranya (1) dapat dikembangkan pada tema lain ataupun jenjang kelas yang lain (2) analisis nilai siswa dapat dikembangkan menggunakan software (3) dapat dikembangkan bentuk asesmen lain yang sesuai dengan karakteristik siswa. Produk buku asesmen autentik ini disarankan untuk digunakan pada sekolah tempat uji coba. Jika digunakan pada sekolah lain harus disesuaikan dengan karakteristik siswa dan perlu dilakukan uji coba lagi pada skala luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62853

Actions (login required)

View Item View Item