Pengembangan perangkat pembelajaran tematik berorientasi guided discovery pada siswa kelas IV SDN 4 Sambimulyo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi / Wahyu Sri Indarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran tematik berorientasi guided discovery pada siswa kelas IV SDN 4 Sambimulyo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi / Wahyu Sri Indarti

Indarti, Wahyu Sri (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran tematik berorientasi guided discovery pada siswa kelas IV SDN 4 Sambimulyo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi / Wahyu Sri Indarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indarti Wahyu Sri. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berorientasi Guided Discovery pada Siswa Kelas IV SDN 4 Sambimulyo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Fatchur Rohman M.Si. (II) Dr. Ibrohim M.Si. Kata Kunci perangkat pembelajaran pembelajaran tematik model guided discovery. Tersedianya perangkat pembelajaran yang baik sesuai dengan kebutuhan pembelajaran merupakan aspek penting dalam mencapai tujuan pembelajaran secara seimbang atara sikap keterampilan dan pengetahuan. Berdasarkan observasi awal di SDN 4 Sambimulyo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi ditemukan guru jarang sekali menggunakan perangkat pembelajaran dalam kegiatan belajar. Kondisi tersebut didukung dengan perangkat pembelajaran yang dimiliki sekolah kurang dari standar pengembangan sesuai aturan pemerintah. Salah satu pemecahan masalah adalah dengan memilih mengembangkan perangkat pembelajaran tematik berorientasi guided discovery yang membantu guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik seperti yang diamanatkan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran tematik berorientasi guided discovery berupa silabus RPP dan modul yang divalidasi dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian danpengembanganinimenggunakan modelpengembangan ber-dasarkan Borg and Gall yang disederhanakan. Produk yang dikembangkan adalah perangkat pembelajaran tematik berorientasi guided discovery. Instrumen pengumpulan data berupa lembar kuesioner lembar analisis angket validasi angket keterbacaan angket keterterapan lembar wawancara guru lembar observasi aktivitas siswa lembar tes lembar penilaian kinerja dan angket respon siswa. Tingkat kevalidan produk menunjukkan perangkat pembelajaran valid dengan skor sebesar 93%. Tingkat keterbacaan menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan mudah dibaca dengan skor sebesar 86%. Tingkat keterterapan produk menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran dengan skor sebesar 90%. Tingkat keefektifan produk mencapai 83%. Berdasarkan data di atas produk yang telah dikembangkan dapat dikatakan sangat valid tingkat keterbacaan tinggi memiliki keterterapan cukup tinggi dan memiliki keefektifan sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62850

Actions (login required)

View Item View Item