Persepsi guru tentang kenakalan siswa di SDN Rejoagung 3 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang / Ganjar Setyo Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru tentang kenakalan siswa di SDN Rejoagung 3 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang / Ganjar Setyo Widodo

Widodo, Ganjar Setyo (2015) Persepsi guru tentang kenakalan siswa di SDN Rejoagung 3 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang / Ganjar Setyo Widodo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widodo Ganjar Setyo. 2015. Persepsi Guru Tentang Kenakalan Siswa Di SDN Rejoagung 3 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. Kata Kunci persepsi guru kenakalan siswa SDN Rejoagung 3. Berdasar atas hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada berbagai sumber (guru dan masyarakat) pada tanggal 11 September 2014 sampai dengan 30 Oktober 2014 di SDN Rejogung 3 ditemukan fakta bahwa pernah terjadi perilaku mencuri uang saku yang dilakukan oleh seorang siswa terhadap teman-temannya. Guru mengungkapkan bahwa siswa SDN Rejoagung 3 sering melakukan tindakan indisipliner terhadap peraturan sekolah. Tidak hanya itu peneliti juga menjumpai poster-poster di depan ruang kelas yang berisi anjuran untuk tidak berbuat negatif. Terakhir peneliti menjumpai fakta bahwa latar belakang pendidikan dan pengalaman guru-guru di SDN Rejoagung 3 bermacam-macam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus fenomenologis. Data yang akan dikumpulkan oleh peneliti yaitu berupa data fisik tertulis aktivitas dan lisan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu semua guru di SDN Rejoagung 3. Prosedur pengumpul data yang digunakan yaitu melalui teknik observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Prosedur analisis data yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terhadap persepsi guru SDN Rejoagung 3 tentang kenakalan siswa yaitu 1). Kenakalan siswa adalah perilaku menyimpang dan melanggar peraturan sekolah yang dilakukan oleh siswa sehingga mengganggu suasana belajar dan merugikan individu lain 2). Bentuk kenakalan siswa dikategorikan menjadi 2 yaitu kenakalan siswa berupa perilaku mengganggu dan kenakalan serius siswa. Perilaku mengganggu dipersepsikan beragam meliputi tidak memperhatikan kerapian tidak memperhatikan penjelasan guru agresif mencontek membuat ancaman fisik dan verbal kepada guru atau siswa mengalihkan pembicaraan dari materi pelajaran atau diskusi tidak patuh terhadap arahan guru Ngeyel (tetap berbicara dan tidak mengakui kesalahan) sedangkan kenakalan serius siswa meliputi perilaku membolos dan mencuri 3). Beragam persepsi guru menyebutkan bahwa ada 7 penyebab kenakalan siswa yaitu kondisi fisik kurangnya perhatian orang tua (pendidikan moral dan dukungan ekonomi) metode pembelajaran guru yang kurang bervariasi (monoton) bahasa yang digunakan guru sulit untuk dipahami siswa faktor lingkungan yang negatif dan materi pelajaran terlalu banyak 4). Beragam persepsi guru mengenai cara mengatasi kenakalan siswa yaitu pemberian model bagi siswa teguran verbal sanksi fisik perhatian khusus memanipulasi pemberian tugas memberikan aktivitas pengganti memanipulasi lokasi tempat duduk memberikan pemahaman khusus memberikan kisi-kisi belajar berkomunikasi dengan orang tua memberikan peraturan memberikan pilihan baik-buruk pembiasan memberikan pengalaman gagal memberikan motivasi berkomukasi secara pribadi dengan siswa dan dikembalikan kepada orang tua. Peneliti memberikan saran kepada peneliti selanjutnya untuk mengkaji kenakalan-kenakalan yang belum terungkap dalam penelitian ini guna pengembangan ilmu pengetahuan di bidang ilmu pendidikan dasar dan psikologi khususnya tentang kenakalan siswa. Bagi guru SDN Rejoagung 3 diharapkan membaca hasil penelitian ini untuk merekonstruksi pemahaman kenakalan siswa khususnya berkaitan dengan perilaku tidak memperhatikan kerapian. Bagi dinas pendidikan diharapkan mengembangkan hasil penelitian ini ke dalam bentuk buku panduan guna memberikan referensi bagi para guru-guru muda guna memberikan pemahaman tentang kenakalan siswa dan penanganannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62848

Actions (login required)

View Item View Item