Penerapan problem posing berbantuan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar mengubah bentuk pecahan (studi siswa kelas 5 SDN Pandanwangi 5 Blimbing Kota Malang) / Agus Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem posing berbantuan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar mengubah bentuk pecahan (studi siswa kelas 5 SDN Pandanwangi 5 Blimbing Kota Malang) / Agus Kurniawan

Kurniawan, Agus (2015) Penerapan problem posing berbantuan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar mengubah bentuk pecahan (studi siswa kelas 5 SDN Pandanwangi 5 Blimbing Kota Malang) / Agus Kurniawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Agus. 2015.Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Model Problem Posing Berbantuan Multimedia untuk meningkatkan hasil belajar mengubah bentuk pecahan siswa kelas 5 SD Negeri Pandanwangi 5 Malang.Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Prof.Dr.I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Dr.Edy Bambang Irawan M.Pd Kata Kunci Pembelajaran Problem Posing Multimedia mengubah bentuk pecahan Pembelajaran yang diterapkan di sekolah cenderung bersifat konvensional pembelajaran yang demikian itu menyebabkan siswa menjadi passif.Untuk itu perlu dirancang suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah menerapkan pembelajaran Problem Posing berbantuan Multimedia untuk meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran Problem Posing berbantuan multimedia memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kehidupan siswa sehingga siswa dapat mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Pembelajaran yang dilakukan adalah memahami masalah mengajukan masalah dan menyelesaikan masalah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif untuk mendeskripsikan bagaimanakah pembelajaran mengubah bentuk pecahan melalui model problem posing berbantuan multimedia untukmeningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pandanwangi 5 Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II.Teknik penelitian yaitu observasi langsung berupa lembar observasi guru dan siswa teknik pengukuran berupa instrumen tes. Teknik penyajian data berupa tabel dan analisis. Evaluasi skor aktifitas guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I (rata-rata 78% cukup baik) siklus II (rata-rata 78 9% baik) ada peningkatan 0 9%. Pada indikator aktivitas siswa dari siklus I( 86 8% sangat baik) siklus II (86 8% sangat baik) peningkatan 0%. Pada tes akhir pembelajaran nilai rata-rata siklus I( 72 36 tuntas) / 45% siswa di atas KKM siklus II( 81 18 tuntas) / 89% siswa di atas KKM. Jadi ada peningkatan sebesar 16 64 /44%

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62846

Actions (login required)

View Item View Item