Taufiqullah, M. (2015) Analisis keterampilan ilmiah dan penguasaan konsep IPA siswa kelas VIII SMP pada pembelajaran model Level Of Inquiry (LOI) tahap inquiry lesson / M. Taufiqullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Taufiqullah M. 2015. AnalisisKeterampilanIlmiah dan PenguasaanKonsep IPA Siswa SMP Kelas VIII Pada PembelajaranModelLevel of InquiryTahapInquiryLesson. Tesis ProgramStudiPendidikanDasarKonsentrasiIPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. SentotKusairi M Si. (II) Dr. Ibrohim M.Si. Kata kunci keterampilanilmiah penguasaankonsepIPA modellevel of inquiry Levelof inquiry(LOI) merupakanmodelpembelajarandenganpendekataninkuiriyang bersifathirarki. Pembelajaranmodellevel of inquirydapatmengembangkanketerampilanilmiah dan meningkatkanpenguasaankonsepIPA siswa secara bertahap.Peningkatanpengalamanintelektualsiswadalampelaksanaanpembelajaranpadalevel of inquirybergerakdarilevel discovery learningsampai kelevel hypothetical inquiry semakintinggi level yang dicapai makapengalamanintelektual yang didapatkanakansemakintinggi. Penelitianinibertujuanuntukmenganalisisketerampilanilmiahdan penguasaankonsep IPA siswa pada pembelajaranmodellevel of inquiry Penelitianinimenggunakanmetodecampuran (mixed methods)dengandesainembedded.PenelitiandilakukandikelasVIII SMP Negeri 5 Kopangdenganjumlahsiswa 26 orang.Instrumenyang digunakandalampenelitianinimeliputiinstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.InstrumenperlakuanterdiridariSilabus RPPdan LKS.Instrumenpengukuranterdiridaritespenguasaankonsep lembarobservasiketerampilanilmiah lembarangketresponsiswaterhadappembelajarandanpedomanwawancara.Datapenelitianmeliputi data kualitatifdankuantitatif.Analisisdata kualitatifdilakukandenganmendeskripsikandataketerampilanilmiahdanpenguasaankonsepsiswapada proses pembelajaranmenggunakan model level of inquiry.Datakuantitatif yang berupanilaipretestdanposttestdianalisisdenganuji-t berpasangandanN-gain. Data kuantitatifhasilketerampilanilmiahsiswa dianalisisdenganmenghitungskorketerampilanilmiahyang diperolehsiswapada proses pembelajaran. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)keterampilanilmiahsiswaberkembangdengankriteriabaikuntuktiappertemuansetelahdilakukanpembelajarandengan model level of inquiry2) terdapatperbedaan yang signifikanantaranilaipretestdan posttestsetelahpembelajarandengan model level of inquiry dan 3)responsiswaterhadappembelajaranIPA dengan modellevel of inquirysangatpositifdenganrerataskor 3 54. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajaran modellevel of inquirytahapinquirylesson dapatmengembangkanketerampilanilmiah dan meningkatkanpenguasaankonsepIPA siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62845 |
Actions (login required)
View Item |