Penerapan pembelajaran tematik berbantuan peta pikiran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVC SDN Dinoyo 2 Malang / Indrawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran tematik berbantuan peta pikiran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVC SDN Dinoyo 2 Malang / Indrawati

Indrawati (2015) Penerapan pembelajaran tematik berbantuan peta pikiran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVC SDN Dinoyo 2 Malang / Indrawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indrawati. 2015.Penerapan Pembelajaran Tematik Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVC SD Negeri Dinoyo 2 Malang. Tesis. Program Studi Pendididkan Dasar Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. (2) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Tematik Peta Pikiran Aktivitas Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IVC SD Negeri Dinoyo 2 Malang ditemukan permasalahan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada kegiatan pembelajaran IPA kurang terintegrasinya materi IPA dengan kehidupan nyata kemampuan kognisi siswa Sekolah Dasar belum siap menerima hal yang abstrak dan kesulitan dalam memahami materi siswatidak dibiasakan untuk berani mengajukan pendapat pertanyaan atau mengemukakan pendapat selama kegiatan pembelajaran hal ini terjadi karena suasana pembelajaran sering membuat siswa merasa jenuh. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut menerapkan peta pikiran sebagai teknik pembelajaran agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran tematik berbantuan peta pikiran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IVC SD Negeri Dinoyo 2 Malang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain yang mengacu pada model Kemmis Taggart yang meliputi merencanakan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Dinoyo 2 Malang dengan subjek penelitian 30 siswa kelas IVC tahun ajaran 2014/2015. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus masing-masing siklus dilaksanakan siklus I 6 kali pertemuan tatap muka dan 1 kali pertemuan untuk tes dan siklus II 4 kali pertemuan tatap muka dan 1 kali pertemuan untuk tes. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi dan lembar tes angket respon catatan lapangan selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik berbantuan peta pikiran telah terlaksana dengan sangat baik. Guru dan siswa melaksanakan proses pembelajaran sesuai tahapan pembelajaran berbantuan peta pikiran. Guru melakukan perbaikan dalam sistem pembelajaran memperbaiki situasi kelas dan meningkatkan pengelolaan kelas. Penerapan pembelajaran tematik berbantuan peta pikiran setelah diterapkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 17 04% yaitu dari 72 67% pada siklus I menjadi 89 71% dengan kategori sangat aktif. Pembelajaran tematik berbantuan peta pikiran mampu meningkatkan hasil belajar siswa terbukti pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 75 33% dengan ketuntasan klasikal 70% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 82 83% dengan ketuntasan klasikal 86 67%. Guru sebelum menerapkan pembelajaran berbantuan peta pikiran sebaiknya mensosialisasikan terlebih dahulu dan memberikan pelatihan agar siswa tidak bingung selama pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62844

Actions (login required)

View Item View Item