Pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Kabupaten Tulungagung untuk kelas V SD Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia / Tyas Deviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Kabupaten Tulungagung untuk kelas V SD Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia / Tyas Deviana

Deviana, Tyas (2015) Pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Kabupaten Tulungagung untuk kelas V SD Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia / Tyas Deviana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Deviana Tyas. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung untuk Kelas V SD Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hariyono M. Pd. (II) Prof. Dr. Sumarmi M. Pd. Kata Kunci modul pembelajaran pembelajaran tematik kearifan lokal Kabupaten Tulungagung kelas V SD. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada kelas VB SDN 6 Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung menunjukkan bahwa pembelajaran masih terfokus pada buku teks terbitan Kemendikbud dan buku evaluasi yang berisi latihan soal dari penerbit lain. Buku yang digunakan dalam pembelajaran masih memberikan contoh permasalahan dengan menggunakan standar nasional. Akibatnya masih kurang sesuai dengan lingkungan daerah tempat tinggal siswa. Hasil wawancara menunjukkan guru kesulitan menjelaskan materi yang contohnya jarang bahkan tidak ditemukan di lingkungan sekitar siswa. Hasil studi pendahuluan berdasarkan angket terbuka mengenai upacara Ngaben dan upacara Ulur-ulur menunjukkan 79% siswa tidak mampu menjawab pertanyaan tentang upacara Ulur-ulur yang merupakan upacara adat Tulungagung dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Kabupaten Tulungagung dan (2) menghasilkan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Kabupaten Tulungagung yang memiliki kevalidan kemenarikan keefektifan dan kepraktisan yang tinggi. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R D) model Borg Gall. dengan sepuluh tahapan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari penghitungan skor angket validasi ahli skor angket respon guru dan siswa skor hasil penilaian aktivitas dan hasil belajar siswa. Data kualitatif diperoleh dari tanggapan masukan dan saran perbaikan dari para ahli guru dan siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar validasi ahli angket respon guru dan siswa lembar penilaian dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran tematik secara keseluruhan aspek dapat digunakan tanpa perbaikan. Hal ini ditunjukkan dengan analisis penilaian kevalidan produk diperoleh hasil 86% yang masuk dalam kategori sangat valid penilaian kemenarikan produk diperoleh hasil 85% yang masuk dalam kategori sangat menarik penilaian keefektifan produk diperoleh hasil 85% yang masuk dalam kategori sangat efektif dan penilaian kepraktisan produk diperoleh hasil 89% yang masuk dalam kategori sangat praktis . Hasil pengembangan produk modul pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal Kabupaten Tulungagung dapat disarankan untuk dipelajari dan dimanfaatkan oleh semua siswa kelas V SD yang berada di wilayah Kabupaten Tulungagung. Modul pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal Kabupaten Tulungagung bisa dikembangkan pada tema dan jenjang kelas yang berbeda serta dapat diperluas dengan kearifan lokal Kabupaten Tulungagung yang belum terintergrasi dalam modul pembelajaran yang dikembangkan peneliti. i

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62843

Actions (login required)

View Item View Item