Pengaruh penggunaan conflict maps dalam pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 2 Tongkuno / Nur Hayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan conflict maps dalam pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 2 Tongkuno / Nur Hayani

Hayani, Nur (2015) Pengaruh penggunaan conflict maps dalam pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 2 Tongkuno / Nur Hayani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nur Hayani. 2015. Pengaruh Penggunaan Conflict Maps dalam Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 2 Tongkuno.Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. Kata kunci conflict maps inkuiri keterampilan proses sains kemampuan berpikir kritis. Keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa untuk mata pelajaran IPA di SMPN 2 Tongkuno masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran IPA masih menggunakan metode konvensional yang kurang mengembangkan kemampuan berpikir siswa dan membangun individu. Pembelajaran konvensional cenderung meminimalkan keterlibatan siswa sehingga guru nampak lebih aktif. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan bantuan conflict maps untuk memudahkan siswa dalam mengaitkan antara konsep yang telah dipelajari. Melalui conflict maps dalam pembelajaran inkuiri akan terdapat perbedaan terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan conflict maps dalam pembelajaran inkuiri dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan inkuiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari semua siswa kelas VII yang berjumlah 115 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampling purposive satu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan conflict maps dalam pembelajaran inkuiri dan satu kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan inkuiri.instrumen yang digunakan adalah instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sedangkan instrumen pengukuran berupa tes keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis dalam bentuk uraian. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian adalah 1) kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan menggunakan conflict maps dalam pembelajaran lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan menggunakan inkuiri 2) keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan menggunakan conflict maps lebih tinggi dibandingkan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran inkuiri. Saran khususnya guru IPA agar dapat menjadikan motode pembelajaran inkuiri dengan bantuan conflict map sebagai acuan pemilihan metode dalam mengajarkan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran karena telah terbukti mampu membantu siswa dari tekanan belajar untuk sekedar menghafal materi dan mendapatkan nilai bagus serta lebih mengarahkan pembelajaran pada perkembangan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62841

Actions (login required)

View Item View Item